Ada 6 Pemain Dan Staff Positif Corona, Liga Premier Diujung Tanduk

0 46

Berita Sepakbola – Setelah dikabarkan akan siap bergulir kembali di bulan Juni mendatang, baru-baru ini pihak penyelenggara Liga Premier Inggris memberikan informasi baru. Setidaknya ada enam pemain dan staff dari kontestan liga domestik Inggris ini dinyatakan positif terjangkit virus corona.

Sudah Dilakukan Tes Covid-19

Sebenarnya beberapa waktu lalu sudah ada persiapan baik dari pihak penyelenggara Liga Premier Inggris untuk kembali melanjutkan sisa kompetisi mereka. Hal ini mengingat liga yang terpaksa berhenti sejak pertengahan Maret 2020 lalu akibat merebaknya virus corona di daratan Inggris. Situasi ini mau tidak mau melumpuhkan semua aspek kehidupan termasuk kompetisi sepak bola.

Jumlah kasus terjangkit corona yang sempat berkurang membuat para petinggi Liga Premier untuk kembali melanjutkan kompetisi mereka yang sempat tertunda. Sebagai langkah nyata persiapan kembali berlangsungnya event olahraga akbar di Inggris ini, maka pada Minggu (17/5/2020) dan Senin (18/5/2020) dilakukan tes swab.

Terhitung total ada 748 pemain dan staff dari 20 klub kontestan Liga Premier musim ini mengikuti tes untuk mengetahui apakah mereka terjangkit corona atau tidak. Langkah ini diambil untuk memastikan apakah mereka bisa kembali berlatih secara berkelompok maupun tidak mulai pekan ini.

Konfirmasi Pihak Liga Premier

Setelah melakukan tes kepada para pemain dan staff, secara mengejutkan ternyata terjaring ada 6 orang yang dinyatakan positif terjangkit virus berbahaya ini. Kabar ini didapat dari laman resmi mereka yang menyebutkan memang ada beberapa pemain dan juga staff yang menunjukkan positif setelah dilakukannya tes tersebut.

Untuk soal identitas keenam orang tersebut, pihak Liga Premier merahasiakan siapa orangnya. Hanya saja mereka menyebutkan keenam orang tersebut berasal dari tiga klub yang berbeda. Untuk saat ini mereka semua sudah melakukan isolasi mandiri untuk mencegah adanya penularan ke orang lain.

Melihat adanya pihak terkait yang ternyata positif terjangkit covid-19, maka pihak penyelenggara Liga Premier mengambil sikap untuk melaporkannya ke publik. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga citra mereka soal integritas dan fungsi pengawasan kompetisi.

Liga Premier Di Ujung Tanduk

Dengan adanya kabar bahwa enam orang masih dinyatakan positif corona, maka hal ini sedikit banyak akan memberikan dampak terhadap kelanjutan kompetisi ini. Padahal sebelumnya rencana dan teknis sudah tersusun rapi agar kompetisi bisa terlaksana dengan sesegera mungkin.

Bahkan sebelumnya para klub kontestan sudah bersepakat untuk menggelar latihan berkelompok di markas masing-masing. Hal ini sebagai langkah awal untuk kembali menggelar liga yang kini disebut dengan ‘Project Restart’. Memang rencana awal Liga Premier Inggris ini akan digulirkan 13 Juni 2020 mendatang. Namun dengan adanya kejadian ini maka bisa dipastikan liga akan kembali diundur.

Potensi Penghentian Dini

Melihat situasi seperti ini tentu saja membuat sebagian besar dari klub kontestan merasa kecewa sekaligus khawatir. Kecewa karena tentu banyak yang berharap kompetisi terus berlanjut mengingat ada beberapa laga yang belum terlaksana. Sedangkan rasa khawatir menyelimuti banyak pihak terkait kompetisi yang gagal untuk mendapatkan dana tambahan dari berlangsungnya salah satu liga terbesar Eropa ini.

Baru-baru ini hal serupa sebenarnya juga dialami Liga Serie A di Italia yang ternyata juga masih ada tiga pemain yang dinyatakan positif corona. Situasi ini membuat pihak pemerintah setempat menangguhkan dan menunda semua pertandingan sampai dengan 14 Juni mendatang dan juga belum bisa dipastikan apakah liga bisa bergulir kembali.

Selain itu Liga Inggris nampaknya juga berpotensi mengalami nasib serupa dengan Liga 1 Perancis yang terpaksa diakhiri di tengah jalan. Hingga akhirnya mereka menunjuk pemuncak klasemen sebagai juara liga musim 2019/2020 yang kini didapatkan oleh PSG.

Comments
Loading...
error: Content is protected !!