Akankah Ronald Koeman Terpengaruh Dengan Cedera Philippe Coutinho?

Sumber : cdn.vox-cdn.com/thumbor/
0 7

Berita Sepakbola – Kembali dibekap cedera, Philippe Coutinho dikabarkan saat ini mengalami kondisi yang lebih buruk dari sebelumnya. Dari kondisi yang ada, Coutinho dikabarkan akan absen dari laga Barcelona dalam rentang waktu empat bulan kedepan.

Peran Pemain Kunci

Setelah selesai menjalani masa peminjaman di Bayern Munchen musim lalu, Philippe Coutinho ternyata menjadi pilihan pelatih baru Ronald Koeman untuk skuad musim ini. Padahal di era pelatih sebelumnya pemain asal Brasil ini sempat tersingkirkan dari skuad utama Barcelona.

Namun masa sulit yang sempat melanda akhirnya sirna setelah skuad Blaugrana dipegang pelatih baru. Coutinho kembali mendapatkan panggungnya di skuad utama dan mulai menjadi pemain kunci dalam beberapa laga terakhir. Bahkan dibawah asuhan Ronald Koeman, eks gelandang Liverpool ini mampu mendapatkan permainan terbaiknya.

Terbaru sang pemain kembali mengalami cedera dan terpaksa kembali menepi dari lapangan. Tim medis memutuskan untuk Coutinho menepi selama empat bulan lamanya. Situasi ini tidak hanya merugikan klub, tetapi juga menjadi pukulan tersendiri bagi sang pemain. Sebab musim ini adalah musim penentuan bagi Coutinho untuk menyelamatkan karirnya di Camp Nou.

Jika cedera ini memaksanya absen hingga akhir musim, bisa jadi pihak Blaugrana akan melepasnya di musim panas mendatang. Musim ini Coutinho tengah berusaha mendapatkan kepercayaan sang pelatih, dan absennya dari lapangan bisa meruntuhkan usaha yang sudah dia bangun sejak awal musim ini.

Terlebih lagi absennya Coutinho saat ini nampak tidak begitu berpengaruh terhadap pasukan yang tengah diusung Ronald Koeman. Hal ini menunjukkan jika peran gelandang 28 tahun ini tidak terlalu penting untuk keberlangsungan tim. Banyaknya opsi membuat sang pelatih tidak terlalu memusingkan absennya Coutinho, meski dalam waktu cukup lama.

Sempat Cedera

Sebelum mengalami cedera baru-baru ini, Coutinho sempat terlebih dahulu mengalami cedera ringan yang membuatnya absen dalam beberapa pertandingan. Beruntung skuad Blaugrana masih memiliki sosok Pedri yang ternyata mampu tampil luar biasa.

Saat ini Pedri sudah menjadi bagian dari tim inti Barcelona dan akan menjadi pilihan utama dari sang pelatih. Artinya ketika sembuh dari cedera kali ini, Coutinho harus kembali memulai dari nol untuk bisa mendapatkan kepercayaan dari pelatih. Pemain Brasil ini harus memulai segalanya dari awal seperti saat dirinya kembali ke Camp Nou usai dipinjamkan ke Bundesliga.

Beberapa waktu lalu ketika Coutinho absen dalam empat laga, dan kemudian pulih, dia sempat kehilangan rasa percaya dirinya di lapangan. Semuanya berjalan sangat buruk untuk Coutinho yang tengah membangun kepercayaan. Kesempatan tampil sebagai starter sempat diberikan Koeman untuk dirinya ketika Barcelona melawan Valencia, namun dia tidak mampu menjawab kesempatan yang diberikan ini dengan baik.

Hingga akhirnya di laga kontra Real Valladolid dan Eibar, Coutinho kembali menghiasi bangku cadangan. Bahkan ketika Lionel Messi absen, Coutinho tidak mendapatkan peluang untuk tampil sebagai starter.

Meski Coutinho tidak tampil selama empat bulan lamanya, sepertinya Koeman tidak terlalu pusing. Sebab stok pemain tengah Barcelona kini cukup berlimpah. Perannya sebagai pemain nomor 10 bisa digantikan oleh Antoine Griezmann dan bahkan bisa diperankan oleh Messi. Selain itu Pedri masih menjadi primadona tersendiri, dan di usianya yang masih muda pemain ini masih bisa bekembang.

Alasan lain mengapa Pedri menjadi pilihan sang pelatih dalam beberapa laga musim ini adalah karena Pedri adalah pembelian pertama Ronald Koeman sejak melatih Barcelona. Jadi wajar jika gelandang muda ini mendapatkan tempat tersendiri di mata pelatih. Selain itu Ousmane Dembele juga mulai pulih dan siap mendapatkan posisinya sebagai pemain tengah.

Comments
Loading...
error: Content is protected !!