Dapat Sanksi Komdis PSSI, Persija Harus Bayar Rp 145 Juta

Tiketprediksi.net – Persija Jakarta akhirnya mendapatkan sanksi tegas dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI. Hal itu karena ada tamu VIP yang masuk ke dalam ruang ganti tim. Akhirnya tim berjuluk Macan Kemayoran ini harus membayar denda sebesar Rp 50 juta.

Mendapatkan Sanksi

Kejadian ini bermula ketika Persija menjalani laga tandang berhadapan dengan Madura United pada pekan kedelapan dari BRI Liga 1 Indonesia musim 2021/2022 kemarin. Laga ini dilangsungkan di Stadion Moch Soebroto, Magelang pada hari Jumat (22/10) kemarin. Menurut laporan media inter303 yang beredar, saat menjalani laga tersebut ada tamu VIP yang masuk ke ruang ganti Persija. Namun tidak disebutkan siapa nama tamu tersebut.

Secara rinci dalam sanksi kali ini, Persija melakukan dua pelanggaran ketika melawan Madura United. Pelanggaran pertama adalah keterlambatan melakukan kick off. Kemudian kesalahan kedua yang dilakukan Macan Kemayoran di hari yang sama adalah memasukkan tamu VIP kedalam ruang ganti. Kedua pelanggaran ini masing-masing melahirkan denda Rp50 juta. dari pekan terbaru Persija terlihat menduduki peringkat kesembilan dari klasemen sementara BRI Liga 1 musim ini.

Putusan Sidang Komdis PSSI

Sanksi yang diterima Persija kali ini adalah hasil dari sidang Komdis PSSI yang telah berlangsung pada 21 Oktober 2021 kemarin. Dalam sidang tersebut ada sebanyak tujuh keputusan yang dikeluarkan. Dalam hal Persija, tim kebanggaan warga Jakarta ini mendapatkan total tiga sanksi dari Komisi Disiplin PSSI.

Dua sanksi seperti dijelaskan di atas yaitu keterlambatan kick off dan juga memasukkan tamu ke ruang ganti pemain di laga kontra Madura United. Kemudian satu sanksi lainnya ditujukan kepada Sekretaris Tim Persija, Muhammad Araaf yang diketahui melakukan intimidasi terhadap perangkat pertandingan saat skuad Macan Kemayoran bersua ke markas Arema FC. Dari sanksi ini pihak manajemen Persija harus membayar denda sebesar Rp 45 juta dan juga dilarang mendampingi tim satu laga ke depan.

Sudah Menjadi Keputusan Bersama

Pihak Komdis PSSI sebenarnya tidak hanya menjatuhkan sanksi kepada Persija saja. Pekan ini sudah ada 18 kasus yang melibatkan 10 tim di kompetisi BRI Liga 1 Indonesia dan juga delapan tim dari Liga 2. Kebetulan saat ini Persija menjadi tim yang paling banyak mendapatkan sanksi dan harus membayar total denda senilai Rp 145 juta.

Menurut ketua Komdis PSSI, Erwin Tobing, regulasi atau hukuman yang diberikan kepada sejumlah klub dari kedua divisi ini http://ufotech.com.vn/members/rachel-miracle.982591/ sebelumnya telah mendapatkan kesepakatan dari para kontestan di Liga 1 dan juga Liga 2. Untuk keterlambatan kasus keterlambatan kick off jika dilakukan oleh tim di Liga 1 maka dendanya Rp50 juta. Sedangkan jika yang melakukan dari klub Liga 2 maka dendanya lebih ringan dengan membayar senilai Rp 30 juta.

Untuk masalah memasukkan tim VIP ke ruang ganti, ternyata Persija tidak sendiri. Persib Bandung juga mendapatkan sanksi dengan pelanggaran serupa. “Denda terpaksa kami berikan kepada tim yang melakukan keterlambatan kick off, kemudian ada juga tamu yang masuk ke ruang ganti. Hal tersebut dilakukan oleh Persib Bandung dan juga Persija Jakarta. Untuk itu keduanya kami berikan hukuman,” kata Erwin Tobing selaku ketua Komdis PSSI pada Kamis (28/10/2021) kemarin.

“Memang regulasi baik dari Liga 1 maupun Liga 2 sudah disusun beberapa waktu sebelumnya. Kami sudah melakukan perundingan sebelumnya dengan semua klub sebelum kompetisi bergulir, jadi semua sudah tahu masalah ini. Jika ada keterlambatan sanksinya sudah disepakati dan tertuang dalam pasal 11 ayat 3 dimana untuk Liga 1 dendanya sebanyak 50 juta, tetapi untuk Liga 2 tertuang di pasal 15 ayat 3 keterlambatan dengan denda 30 juta,” terangnya.

Berita BolaLiga IndonesiaPersija JakartaPSSI
Comments (0)
Add Comment