Filosofi Permainan Yang Akan Diusung Pirlo Untuk Juventus Musim Depan

Berita Sepakbola – Baru-baru ini skuad Juventus terlihat sudah mulai melakukan latihan pemanasan bersama pelatih baru mereka, Andrea Pirlo. Menu di latihan pertama mereka kali ini berfokus pada pemulihan kebugaran para pemain usai melalui masa liburan.

Membuka Lembaran Baru

Masih teringat jelas di ingatan dimana Juventus gagal melaju di kompetisi Liga Champions setelah terhenti di fase 16 besar. Kekalahan ini akhirnya menjadikan sang pelatih Maurizio Sarri dipecat dari kursi kepelatihannya. Dan kali ini Andrea Pirlo datang sebagai pelatih baru bagi skuad si Nyonya Tua.

Pada hari Selasa (25/8/2020) kemarin, untuk pertama kalinya Andrea Pirlo memimpin latihan Cristiano Ronaldo dan punggawa Juventus lainnya. Beberapa saat setelah latihan sudah selesai dilakukan, Andrea Pirlo langsung menemui awak media untuk mengikuti konferensi pers pedananya sebagai pelatih teranyar dari klub asal kota Turin, Italia ini.

Memang bagi sosok yang sempat dijuluki ‘Il Maestro’ ini semuanya serba perdana. Pasalnya eks pemain dari AC Milan dan juga Inter Milan ini terhitung masih sangat baru di dunia kepelatihan. Bahkan lisensi dari kepelatihannya baru dia dapatkan akhir tahun lalu.

Tentang Filosofi Permainan

Meski terbilang masih anak baru di dunianya, namun saat menemui awak media Pirlo sudah memperlihatkan diri seolah seperti pelatih kawakan pada umumnya. Dalam konferensi pers pertamanya sebagai pelatih, dia mengungkapkan filosofi apa yang akan dia gunakan untuk Juventus di musim kepelatihannya kedepan.

“Saya akan kembali membangkitkan rasa antusias di tim ini, lalu mencoba bermain proaktif dengan penguasaan bola yang cukup besar,” buka Pirlo seperti dikutip dari media Football Italia.

“Saya memberitahu para pemain tentang dua hal: yang pertama anda harus mempertahankan bola, dan kedua saat kehilangan bola anda harus segera mengambilnya kembali dengan cepat,” sambungnya.

Mengenai formasi apa yang akan dia gunakan, Pirlo menjelaskan bahwa dirinya tidak memiliki formasi favorit. Hal ini memungkinkan dirinya untuk memakai banyak formasi yang dirasa cocok dengan situasi pertandingan.

“Secara taktik kami bisa bermain dengan memakai empat atau bahkan tiga bek sekaligus. Dan saya tidak mematok dengan menetapkan formasi mana yang akan kami pakai,” tegasnya.

Soal Arthur Melo

Menyambut musim 2020/2021 yang akan datang, bisa dipastikan Juventus akan tampil dengan wajah-wajah baru. Akan ada beberapa perubahan di pasukan Andrea Pirlo ini, salah satunya dengan datangnya Arthur Melo dari Barcelona. Seperti diketahui sebelumnya jika pemain asal Brasil tersebut adalah transaksi perdana yang dilakukan Bianconeri dengan raksasa asal La Liga, Barcelona.

Tidak salah jika ada asumsi yang beredar bahwa Andrea Pirlo buta akan potensi yang dimiliki Arthur Melo. Namun ternyata tidak, Pirlo sudah memiliki gambaran tentang pemain 24 tahun ini. Bahkan kabar terbaru menyebutkan jika Pirlo sudah memiliki rencana untuk posisi bermain untuk Arthur Melo ini.

“Arthur Melo adalah sosok pemain yang memiliki kualitas tinggi. Dia bisa mengisi banyak peran, dan akan sangat berguna bagi kami selama musim depan berlangsung,” tutup Pirlo.

Kedatangan Arthur Melo di Turin kali ini tidak didapat dengan gratisan. Melainkan Juventus melakukan pertukaran dengan Miralem Pjanic untuk bisa mendaratkan Arthur Melo. Disamping itu Juventus dikabarkan masih harus menambahkan sejumlah uang untuk menutup selisih harga pemain antara keduanya.

Namun kabar terbaru ketika sudah berkemas dan bersiap untuk terbang ke Spanyol pada Senin kemarin, Pjanic dinyatakan positif terjangkit Virus Corona. Hingga akhirnya dia diharuskan untuk melakukan swakarantina selama 15 hari kedepan. Setelah itu dia baru bisa melanjutkan tujuannya untuk terbang ke Catalunya, Spanyol.

Baca Juga : Arsenal Tolak Tawaran Klub Ligue 1 Untuk Emile Smith Rowe
Andrea PirloBerita Sepak BolaCristiano RonaldoJuventus
Comments (0)
Add Comment