Kabar Baik Dari Sektor Pertahanan Barcelona

Berita Sepakbola – Kabar baik datang dari kubu Catalan. Pemain serba bisa mereka, Sergi Roberto telah dikonfirmasi sembuh dari cedera. Berita itu bertambah baik lantaran beberapa hari lagi timnya akan bertanding melawan Valladolid dalam lanjutan La Liga.

Musim Yang Berat Sergi Roberto

Sergi Roberto pada musim ini telah tiga kali terkena cedera. Cedera pertamanya didapatkan saat diturunkan pada laga melawan Atletico Madrid pada jornada ke-10 La Liga. Pada pertandingan itu sang pemain tampil 90 menit penuh dengan menahan rasa sakit. Setelah laga usai, tes pun dilakukan pada sang bek kanan. Hasilnya terdapat sobekan pada bagian otot paha kanannya. Pemain berusia 29 tahun itu pun harus menepi selama dua bulan untuk menjalani tahap penyembuhan.

Nahasnya saat menjalani masa penyembuhan, kapten keempat Barcelona ini malah terpapar Covid-19 pada bulan Desember 2020. Akibatnya, pemain serba bisa Blaugrana ini harus menjalani isolasi mandiri di rumah selama 20 hari lamanya. Setelah proses pemulihan selesai, Sergi pun akhirnya bisa kembali bermain saat menghadapi Athletic Bilbao pada jornada ke-21 La Liga. Partai tersebut digelar pada Minggu (31/1). Sang pemain diturunkan pada menit ke-67 untuk menggantikan Miralem Pjanic. Akan tetapi, cederanya tidak terlalu parah dan hanya menjalani pemulihan selama beberapa hari.

Pada pertandingan melawan Granada pada fase quarterfinals gelaran Copa Del Rey, Sergi kembali merumput. Sang pemain tersebut dipasang sebagai bek kanan semenjak menit awal pertandingan. Namun pada menit ke-57, pemain serba bisa itu digantikan Sergino Dest. Dirinya harus ditarik keluar karena kembali lagi mengalami masalah pada paha kanannya. Hasil dari tim medis menunjukkan adanya sobekan otot pada tungkai kanannya. Alhasil sang bek kanan itu harus menepi selama sebulan penuh.

Strategi Koeman

Dengan cederanya Sergi Roberto, Ronald Koeman pun memainkan Sergino Dest sebagai pemain utama pada posisinya. Pelatih asal Belanda tersebut menggunakan Oscar Mingueza, yang berposisi utama sebagai bek tengah sebagai pelapis. Dest yang dimainkan oleh Koeman tidak menyia-nyiakan kesempatan itu. Sejauh ini bek asal Amerika Serikat itu sudah menjalani 35 pertandingan dan berhasil menggelontorkan tiga golnya bersama Barcelona pada semua kompetisi.

Dengan absennya Sergi Roberto, sang pelatih bakal kehilangan bek tengahnya, Oscar Mingueza yang ditarik ke sisi kanan sebagai pelapis Dest. Otomatis pemain bertahan tim hanya tersisa Umtiti, Pique, Lenglet dan Araujo. Jika Koeman menggunakan tiga bek sekaligus maka hanya akan menyisakan satu pemain sebagai pengganti. Sang juru taktik, Koeman pun terpaksa menggunakan Frenkie De Jong yang posisinya sebagai gelandang untuk bermain sebagai bek tengah.

Menjelang El Clasico

Jelang laga melawan Valladolid, Sergi yang sudah bisa bermain diprediksi akan dimainkan oleh Ronald Koeman. Hal itu berguna untuk merotasi pemain-pemainnya. Ditambah lagi, strategi sang pelatih seperti yang sudah tertera di atas. Oscar Mingueza pun bisa kembali ke posisi utamanya sebagai bek sentral. Diprediksi posisi utama sektor bek kanan tetap akan dimainkan oleh Sergino Dest. Ronald Koeman dipastikan tetap menggunakan jasa pemain asal Amerika Serikat itu lantaran kondisi Sergi yang baru pulih.

Kapten keempat Barcelona itu masih membutuhkan waktu untuk beradaptasi kembali dengan kondisi lapangan. Akan tetapi dengan situasi Blaugrana yang membutuhkan rotasi, Sergi bakal dimainkan pada babak kedua. Apalagi setelah laga melawan Los Pucela itu, Barcelona akan menghadapi Real Madrid. Laga el clasico sendiri dijadwalkan akan dimainkan pada Minggu (11/4) dini hari pukul 02.00 WIB. Duel rival abadi tersebut bakal digelar di Stadion Alfredo Di Stefano, markas sementara Los Blancos. Santiago Bernabeu tidak dapat digunakan lantaran sedang mengalami renovasi.

BarcelonaBerita SepakbolaSergi Roberto
Comments (0)
Add Comment