Luis Enrique Berpeluang Balik Lagi Melatih Barcelona

Berita Sepakbola – Manajer timnas Spanyol yaitu Luis Enrique membuka peluang untuk kembali ke mantan klubnya yaitu Barcelona sebagai pelatih. Hal tersebut dia sampaikan dalam sesi tanya jawab yang dilakukan oleh manajemen timnas Spanyol.

Dalam sesi tersebut, seorang fans bertanya kepadanya apakah akan kembali melatih Barcelona? Dan saat itu Luis Enrique mengatakan kalau dirinya masih membuka peluang tersebut.

Pengganti Quique Setien Selanjutnya?

Penampilan Quique Setien sejauh ini tidak terlalu buruk setelah menggantikan Ernesto Valverde sebelumnya. Namun pihak klub maupun fans masih belum puas atas kinerja dari mantan manajer Real Betis tersebut.

Sejak ditanganinya, Quique Setien telah membawa Barcelona memuncaki klasemen sementara La Liga musim ini dengan raihan 58 poin. Blaugrana pun saat ini hanya memiliki selisih sebanyak dua poin dari rival abadi mereka, Real Madrid yang mengumpulkan 56 poin.

Namun hal tersebut belum cukup untuk klub sebesar Barcelona demi perburuan di akhir musim nanti. Walaupun saat ini, seluruh kompetisi sepakbola dunia masih menunda keberlangsungan pertandingan akibat Covid-19.

Kemudian beberapa waktu lalu, Luis Enrique mengatakan kalau dirinya masih membuka peluang untuk kembali melatih Blaugrana. Namun hal tersebut hanyalah kemungkinan jika dirinya mendapatkan dari manajemen Barcelona dan diminta untuk kembali melatih ke Camp Nou.

Sebelumnya Luis Enrique memang pernah menangani Barcelona sekitar tiga tahun lamanya sejak tahun 2014 sampai 2017. Bersama dirinya, Blaugrana berhasil meraih sejumlah gelar juara dan berhasil meraih treble di musim 2014-2015.

Tiga trofi major berhasil diraihnya bersama Lionel Messi dkk saat itu. Pencapaian treble tersebut sekaligus menjadi yang kedua bagi Barcelona sepanjang sejarah.

Saat ini, dia masih sebagai manajer dari timnas Spanyol sejak September 2019. Setelah sebelumnya sempat istirahat sebagai pelatih di bulan Juni tahun lalu.

Pujian Luis Enrique Terhadap Andres Iniesta

Luis Enrique merupakan manajer yang berhasil membawa Blaugrana meraih tiga gelar major sekaligus di musim 2014-2015. Liga Champions Eropa, La Liga, dan Copa Del Rey berhasil dibawa olehnya ke Camp Nou saat itu.

Hal tersebut tidak lepas dari peran trio mereka saat itu, Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar. Meskipun begitu, ada satu pemain lagi yang membantu ketiga penyerang tersebut untuk membangun serangan dan dia adalah Andres Iniesta.

Gelandang kreatif tersebut memanglah salah satu pemain yang mendukung aliran bola menjadi lancar untuk mengopernya ke penyerang agar terjadi gol. Bisa dibilang, Andres Iniesta merupakan otak permainan Barcelona bersama Xavi saat itu.

Namun Luis Enrique mengatakan kalau kemampuan yang kini memperkuat Vissel Kobe tersebut hampir setara dengan Lionel Messi. Yang dianggap sebagai salah satu pemain sepakbola terbaik dunia bersama Cristiano Ronaldo.

“Ada dua pemain yang membuat saya terkesan baik sebagai pelatih maupun sebagai pemain di Barcelona. Keduanya adalah Lionel Messi dan Andres Iniesta.” ucap Enrique.

“Lionel Messi mempunyai kemampuan yang berbeda dari pemain lainnya. Tetapi jika harus memilih, hanya Andres Iniesta yang kemampuannya hampir mendekati kemampuan pemain tersebut.” tutup Enrique.

Memang performa Andres Iniesta bisa dibilang salah satu yang paling konsisten selama memperkuat Barcelona selama 16 tahun. Dengan konsistensinya tersebut, pemain yang kini memperkuat klub Jepang yaitu Vissel Kobe tersebut tentu telah menyumbang banyak gelar bagi Blaugrana.

Luis Enrique belakangan ini dikabarkan membuka peluang untuk bergabung dengan mantan klubnya yaitu Barcelona. Sebab sejumlah fans dan manajemen Blaugrana sejauh ini masih kurang puas atas performa uang ditampilkan oleh manajer saat ini yaitu Quique Setien.

BarcelonaBerita BolaBerita Sepakbola
Comments (0)
Add Comment