Ronald Koeman Bertahan, Puig dan Mingueza Beda Nasib

Berita Sepakbola – La Masia merupakan salah satu produsen pemain-pemain bola terbaik di dunia. Lionel Messi, Xavi Hernandez, dan Andres Iniesta adalah contoh pemain terbaik hasil binaan akademi sepakbola tersebut. Mereka berhasil meraih banyak gelar Eropa maupun Spanyol dan mempersembahkannya bagi Barcelona. Namun beberapa tahun belakangan ini, La Masia seperti sedang tertidur. Barcelona sendiri sudah jarang menggunakan pemain-pemain muda binaan akademinya. Raksasa Catalan lebih memilih untuk merekrut pemain yang sudah jadi.

Situasi berbanding terbalik pada musim ini. Ronald Koeman, pelatih Barcelona datang dengan membawa misi untuk meremajakan skuad Blaugrana. Pelatih asal Belanda itu juga lebih sering menggunakan pemain-pemain muda pada skuadnya. Eks pelatih Everton itu tidak takut untuk mempercayakan skuatnya kepada tim muda. Pemain asli binaan akademi La Masia pun menjadi pemain andalannya. Pemain seperti Ronald Araujo, Ansu Fati dan Oscar Mingueza mendapat tempat dalam skuadnya. Hanya satu pemain yang kurang mendapat perhatiannya, Riqui Puig.

Riqui Puig Jarang Mendapat Kesempatan

Riqui Puig baru saja mendapat pembaharuan kontrak bersama Blaugrana. Gelandang serang berusia 21 tahun itu resmi berseragam Merah-Biru hingga Juni 2023 mendatang. Dengan perpanjangan kontrak tersebut, nilai pasar sang pemain sekarang menjadi 18 juta Euro.

Perpanjangan kontrak sang gelandang muda itu terbilang berani. Pasalnya, walaupun sang pemain sudah meneken kontrak baru, dia tetap saja belum mendapat jaminan untuk bermain reguler. Ketatnya persaingan diantara gelandang Barcelona membuat sang pemain harus menghabiskan waktu menjadi penghangat bangku cadangan. Di lini tengah sendiri setelah kepergian Rakitic, Vidal dan Arthur; Puig tetap saja tidak mendapat perhatian khusus dari sang pelatih. Gelandang muda itu masih harus bersaing dengan gelandang hebat lainnya di kubu Barcelona.

Posisi pemain muda ini sendiri adalah gelandang serang. Pada sektor ini, Blaugrana sebenarnya sudah mempunyai pemain seperti Coutinho dan Pedri. Kedatangan Pedri ke skuad Blaugrana juga menutup kesempatan bagi gelandang binaan La Masia ini untuk bermain. Pedri mampu menciptakan kerja sama yang apik bersama kapten mereka, Lionel Messi. Selepas kepergian Suarez yang notabene menciptakan duet maut bersama megabintang Argentina itu, perlahan-lahan Pedri mengambil posisi itu.

Belum cukup sampai di situ. Setelah promosinya Ilaix Moriba, gelandang yang juga merupakan asli binaan La Masia, kini persaingan bertambah ketat bagi Puig. Moriba malah tampil dengan menit bermain yang lebih banyak dari seniornya itu. Koeman nampaknya lebih tertarik dengan potensi pemain yang dijuluki ‘The Next Pogba’ itu. Alhasil, bertahannya Koeman pada musim depan akan membuat masa depan sang gelandang serang ini makin tak pasti. Pemain muda ini harus legowo menerima hal itu. Dia harus berani untuk meninggalkan Blaugrana dan dipinjamkan ke klub lain demi mengasah potensinya.

Oscar Mingueza Menjadi Bek Andalan Koeman

Berbeda dengan rekannya, Oscar Mingueza tampil reguler pada musim ini. Pemain hasil binaan akademi La Masia ini menjadi oase di tengah padang gurun. Dia berhasil promosi ke tim senior Barcelona untuk memperkuat pertahanan tim Catalan yang sering tampil inkonsisten pada awal-awal musim. Mingueza yang bermain apik bersama Barcelona B, sukses menarik perhatian Ronald Koeman. Alhasil, sang pelatih asal Belanda itu memanggilnya ke skuad tim utama. Pertahanan Barcelona yang sudah diperkuat oleh Umtiti, Lenglet, Pique dan Araujo bertambah kekuatannya dengan kedatangan bek muda itu.

Namun alih-alih kalah saing, Mingueza malah menampilkan performa yang fantastis selama musim pertamanya ini. Bek berusia 21 tahun itu menjadi pilihan utama Koeman setelah Pique dan Araujo cedera. Menggunakan skema tiga bek tengah, bek bertinggi badan 184 cm itu sering dipasangkan bersama Lenglet dan Umtiti. Mingueza juga dapat mengisi sektor bek kanan bagi tim Catalan ini. Dengan keluwesan bermainnya di dua posisi, bek muda ini sering mendapat jatah bermain. Puncaknya ketika duet bek kanan Blaugrana, Dest dan Roberto cedera.

Tampil apik pada musim ini, membuat petinggi klub Blaugrana tertarik untuk memperpanjang kontrak sang pemain. Kontrak bek berusia 21 tahun ini akan habis pada akhir musim ini. Diprediksi bertahannya Koeman akan menjamin masa depan bek muda ini untuk tetap berseragam Merah-Biru.

BarcelonaBerita SepakbolaRonald Koeman
Comments (0)
Add Comment