Tentang Peluang Martin Odegaard Dipermanenkan di Arsenal

Berita Sepakbola – Martin Odegaard musim ini sedang menjalani masa peminjaman dari Real Madrid. Saat ini, gelandang asal Norwegia itu berseragam Arsenal setelah dipinjamkan semenjak bursa transfer musim dingin lalu. Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini menggunakan nomor punggung 11 di Arsenal. Direktur teknik The Gunners, Edu Gaspar pun menyambut baik kedatangan talenta negeri Skandinavia ini. Sebelumnya klub yang bermarkas di Emirates Stadium ini juga pernah meminjam gelandang Los Blancos lainnya, Dani Ceballos.

Dipercaya dengan kedatangan wonderkid tersebut, Mikel Arteta bakal punya banyak opsi pemain di lini tengah. Hal ini diprediksi akan menambah variasi strateginya dan bisa memanfaatkannya untuk merotasi pemainnya. Sebelumnya Odegaard juga pernah dipinjamkan ke klub La Liga, Real Sociedad. Gelandang berusia 22 tahun itu menjadi bagian penting klub yang berjuluk La Real itu. Bermain selama musim 2019/2020, gelandang The Gunners ini sukses membawa La Real finish di peringkat enam klasemen La Liga.

Berkonsultasi dengan Pemain Norwegia

Sebelum bergabung dengan Arsenal, gelandang serang berusia 22 tahun tersebut mengaku sempat berbicara dengan kompatriotnya di timnas Norwegia. Setelah kalah saing dengan gelandang Real Madrid lainnya, Odegaard pun mulai dilirik klub lain. Odegaard sempat berkonsultasi dengan rekan senegaranya yakni striker Everton, Josh King dan gelandang bertahan Sheffield United, Sander Berge. Selain keduanya, dia juga pernah menghubungi gelandang tengah QPR, Stefan Johansen.

Ketiga pemain yang dihubungi memberikan saran-saran kepada Odegaard. Mereka juga menyetujui agar sang gelandang serang muda tersebut bermain di Liga Inggris. Pada akhirnya, sang wonderkid ini bergabung bersama skuad The Gunners.

Bermain Cemerlang Bersama Arsenal

Bermain di bawah arahan Mikel Arteta, eks gelandang Real Sociedad ini sudah melakoni 12 pertandingan. Dirinya pun langsung ditempatkan di posisinya aslinya yakni sebagai gelandang serang dan bermain sebagai pemain inti. Odegaard sendiri berperan sebagai playmaker di kubu The Gunners. Dalam formasi 4-2-3-1 Arsenal, gelandang Norwegia itu berdiri di belakang penyerang utama, Alexandre Lacazette. Sementara di sampingnya ditempatkan dua winger, Aubameyang dan Bukayo Saka.

Sejauh ini, sang gelandang telah menampilkan performa apiknya bersama skuad Mikel Arteta. Di klasemen Liga Inggris sendiri, klub asal London Utara ini berhasil naik ke posisi kesembilan dalam klasemen sementara. Sedangkan pada gelaran Liga Europa yang diikutinya, Arsenal telah berhasil lolos ke babak perdelapan final setelah mengalahkan Olympiakos. Arsenal sukses menumbangkan lawannya itu di fase 16 besar dengan agregat 3-2.

Dengan gemilangnya permainan sang playmaker muda ini, peluang dipermanenkannya sang pemain menjadi terbuka lebar. Apalagi di Real Madrid sendiri, pemain tersebut sudah kalah saing dengan gelandang lainnya. Odegaard mengaku senang apabila dipermanenkan statusnya oleh The Gunners. Namun dia hanya mau berfokus dengan apa yang ada sekarang. Dia juga menambahkan telah kerasan untuk bermain di skuad Mikel Arteta ini dan bangga bermain di tim asal London Utara ini.

Arsenal Sedang Kesulitan

Mikel Arteta dirumorkan sangat tertarik untuk mempermanenkan status gelandang serangnya ini di skuadnya. Setelah melepas Ozil, The Gunners memang mengalami krisis pemain yang bisa beroperasi sebagai playmaker. Namun proses pembelian wonderkid ini akan menjadi sulit. Lantaran pada kesepakatan awal, Real Madrid hanya setuju untuk meminjamkan sang pemainnya ini tanpa adanya opsi pembelian di masa depan.

Pada akhir musim nanti setelah masa peminjamannya habis, pihak Los Blancos bisa menarik kembali gelandangnya tersebut ke skuad mereka. Mengingat masa kontraknya yang baru akan habis pada 2023 mendatang. Jika tetap ingin membeli Odegaard, Arsenal harus mengeluarkan biaya yang besar. Dengan nilai pasar mencapai 40 juta Euro, hal ini bakal sulit dilakukan oleh pihak klub. Lantaran mereka baru saja mengumumkan kerugian finansial belakangan ini.

ArsenalBerita SepakbolaMartin Odegaard
Comments (0)
Add Comment