Wisma Persebaya, Saksi Sejarah Persebaya yang Terabaikan

Tiketprediksi.net – Wisma Persebaya adalah tempat bersejarah bagi perkembangan sepak bola kota Surabaya. Mes Karanggayam itu berisi dokumen-dokumen, trofi dan jersey milik pemain Persebaya. Pernah menjadi kebanggaan pada zamannya, kini Wisma tersebut seperti terlupakan bahkan terabaikan.

Terdengar kabar bahwa Wisma kebanggaan Persebaya itu baru saja dirusak dan dijarah oleh orang tidak dikenal. Sejumlah aset yang ada di Wisma hilang termasuk foto-foto bersejarah yang tersimpan disana. Trofi dan jersey juga dokumen yang masih bisa diselamatkan dipindahkan ke Stadion Gelora 10 November.

Permasalahan Sengketa

Penyebab utama terbengkanglainya Wisma Persebaya yaitu adanya sengketa kepemilikan antara Persebaya dan Pemkot Surabaya. Sengketa tersebut menyebabkan Wisma yang begitu bersejarah itu kosong dan tidak terawat. Proses hukum sengketa ini bahkan sampai ke tingkat Kasasi Mahkamah Agung. Hubungan Pemkot Surabaya dengan Persebaya bahkan sempat memanas di akhir tahun 2020 lalu.

Wisma Persebaya adalah mess pertama milik Persebaya yang menyimpan sejarah Panjang. Pemain-pemain hebat Persebaya dicetak di Wisma ini. Persebaya dan juga Bonek akan terus berjuang mempertahankan aset yang sangat berharga itu. Sengketa yang mulai naik ke pengadilan ini sebenarnya sudah terjadi sejak 2010 lalu.

Pemkot Surabaya berkali-kali melakukan banding bahkan sampai kasasi ke Mahkamah Agung guna mendapatkan hak milik atas Wisma tersebut. Hasil final sidang memutuskan jika Wisma tersebut tetap menjadi hak milik Persebaya. Keputusan ini setidaknya membuat Persebaya lega meskipun tuntutan atas ganti rugi kerusakan tidak dikabulkan oleh PN Surabaya.

Pemkot Surabaya sempat mengajak damai Persebaya terkait sengketa lahan tersebut pada awal tahun. Permintaan Pemkot ini sangat disayangkan oleh Persebaya karena dinilai sudah terlambat. Persebaya beranggapan jika harusnya perdamaian itu terjadi sebelum permasalahan sengketa memasuki meja hijau. Proses hukum yang terlanjur berjalan membuat Persebaya tetap ingin menyelesaikan proses tersebut.

Penjarahan Wisma

Kabar penjarahan yang terjadi di Wisma Persebaya membuat kemarahan seluruh pendukung tim kebanggaan kota Pahlawan itu. Penjarahan itu diketahui karena laporan warga sekitar Tambak Sari yang melaporkan kondisi terkini Wisma yang sudah rusak parah. Polsek Tambak Sari segera menyelidiki kasus tersebut setelah menerima laporan.

Polisi masih melakukan pendataan terkait aset-aset yang hilang. Aset yang dipastikan hilang untuk saat ini yaitu mesin pendingin (AC) dan teralis jendela. Dokumen-dokumen penting, trofi dan juga jersey pemain yang masih selamat diamankan dan dipindahkan ke Stadion G10N.

Dugaan sementara, pelaku memanfaatkan kekosongan Wisma untuk melakukan penjarahan terhadap aset-aset berharga. Wisma tersebut memang dikosongkan oleh Pemkot sejak Mei 2019 dengan dalih pengamanan aset Pemkot. Pengosongan tersebut berdampak pada tidak terawatnya Wisma hingga menjadi seperti saat ini.

Kondisi Terkini Wisma Persebaya

Kondisi terbaru Wisma Persebaya sangat memprihatinkan dan jauh dari kata layak. Keadaan seperti ini bukan baru-baru ini saja, tetapi sejak berbulan-bulan lalu. Menurut warga sekitar tidak ada petugas sama sekali yang mengurusi Wisma tersebut. Kotor, kumuh dan tak terawat adalah pemandangan yang selalu terlihat oleh warga sekitar Wisma.

Kondisi bangunan juga tidak kalah memprihatinkan. Kaca-kaca pecah dan berserakan. Jendela rusak dan teralisnya hilang, kemungkinan besar dicuri. Warga lebih khawatir jika jersey milik pemain kebanggaan Persebaya, Eri Iriyanto dirusak atau dicuri. Beruntung jersey tersebut masih aman tersimpan dalam lemari penyimpanannya.

Bagian dalam Wisma terlihat sama memprihatinkan. Barang yang terlihat utuh yaitu lemari etalase yang berisi piala kemenangan milik Persebaya dan Jersey bersejarah milik sang pemain kebanggan. Lemari yang tersisa tersebut juga terlihat berdebu dan sangat kotor.

Wakil wali kota Surabaya akan menindak tegas kejadian penjarahan ini. Jalur hukum akan diambil karena kemungkinan besar pelakunya adalah orang luar. https://www.beatstars.com/marrymiracle/about Pihak Persebaya dan Bonek mengecam para pelaku penjarahan dan berharap pelaku tersebut mau mengembalikan aset yang dicuri.

Berita BolaPersebaya Surabaya
Comments (0)
Add Comment