Badai Cedera Belum Berhenti, Liverpool Kini Kehilangan Diogo Jota

Sumber : thisisanfield.com/Diogo Jota
0 10

Berita Sepakbola – Liverpool harus kembali menghadapi ujian berat di pertengahan musim ini. Setelah sempat ditinggal oleh sejumlah bek terbaiknya beberapa waktu lalu, kini The Reds kembali kehilangan pemain pilarnya.

Diogo Jota telah dikonfirmasi mengalami cedera serius usai menjalani pertandingan kontra Midtjylland di Liga Champions, Kamis (10/12) kemarin. Akibatnya, ia harus  absen saat Liverpool berjumpa Fulham di Premier League, Minggu (13/12). Bahkan yang lebih buruk, Jota diprediksi akan menepi hingga 2 bulan untuk memulihkan kondisinya.

Cedera Lutut

Usai laga melawan Fulham di Craven Cottage, akhir pekan lalu, Jurgen Klopp mengonfirmasi bahwa salah satu pemainnya mengalami cedera serius. Ia menjelaskan bahwa Diogo Jota mengalami cedera lutut sehingga harus absen dalam jangka waktu yang cukup lama.

Sebenarnya cedera tersebut didapat Jota saat menjalani pertandingan fase grup Liga Champions melawan Midtjylland, tengah pekan lalu. Dalam laga yang berkesudahan 1-1 itu, Jota tampak mengalami masalah pada kakinya menjelang berakhirnya babak kedua. Oleh sebab itu, ia terpaksa ditarik keluar pada menit ke-87 dan digantikan dengan Sadio Mane.

Pada gameweek ke-12 Premier League kontra Fulham, akhir pekan kemarin, Klopp tak memasukkan nama Jota ke dalam susunan pemainnya. Winger Portugal itu absen karena cedera lutut yang ia dapat pada laga sebelumnya.

Absen Lama

Dalam konferensi pers, Klopp mengumumkan bahwa Cedera yang dialami Jota bukan cedera ringan. Ia bahkan mengaku bahwa kondisi pemain andalannya tersebut  saat ini lebih buruk daripada yang ia bayangkan sebelumnya.

Meski begitu, Klopp menjelaskan bahwa Jota tak perlu menjalani operasi untuk menyembuhkan cederanya. Sang pemain hanya diharuskan beristirahat dan menjalani masa rehabilitasi bersama tim dokter selama kurang lebih 2 bulan.

Itu artinya, Jota akan melewatkan setidaknya 13 pertandingan bersama Liverpool hingga awal tahun 2021 mendatang. Ia hanya bisa duduk di pinggir lapangan sambil menonton rekan-rekannya berjuang di lapangan.

Jota diprediksi akan melewatkan sejumlah laga akbar di Premier League. Ia kemungkinan besar tidak akan tampil saat Liverpool bentrok dengan Tottenham Hotspur dan juga Manchester United.

Selain itu Jota juga diprediksi akan absen saat Liverpool berjuang di babak knock out Liga Champions Eropa. Ia dipastikan tidak akan turun pada dua pertandingan di babak 16 besar kontra RB Leipzig pada pertengahan Februari dan Maret 2021

Perubahan Strategi

Ini bukan kali pertama Liverpool kehilangan pemain pilar yang cedera. Sebelumnya The Reds bahkan sempat diterpa badai cedera yang dahsyat. Sejumlah pemain bintang mereka di lini belakang tidak dapat tampil karena harus menjalani perawatan cedera. Tercatat setidaknya ada 5 pemain yang absen di waktu yang bersamaan pada November lalu.

Beruntung, armada Jurgen Klopp mampu melewati fase kritis tersebut dengan baik. Mereka tak banyak mengalami kendala walaupun harus tampil tanpa kekuatan utamanya. Liverpool mampu memberikan perlawanan sengit, bahkan beberapa kali membantai lawan mereka.

Absennya Jota membuat jumlah pemain Liverpool yang cedera semakin bertambah. Saat ini setidaknya ada 7 pemain senior Liverpool yang tengah menjalani perawatan cedera. Selain Jota, ada juga nama James Milner, Xherdan Shaqiri, Joe Gomez hingga Virgil Van Dijk.

Ketidakhadiran Jota di susunan pemain Liverpool memaksa Klopp mengubah formasi timnya. Ia kemungkinan akan menempatkan Roberto Firmino ke posisi aslinya sebagai penyerang tengah ditemani oleh Mohamed Salah dan Sadio Mane. Sementara di lini tengah, Jordan Henderson, Georginio Wijnaldum dan Fabinho akan bahu-membahu menjaga keseimbangan permainan tim.

Comments
Loading...
error: Content is protected !!