Banyak Komplain, Klopp Dinilai Tengah Meniru Kebiasaan Alex Ferguson

0 27

Berita Sepakbola – Salah satu legenda Manchester United, Gary Neville mengklaim aksi komplain yang sempat dilakukan Jurgen Klopp beberapa waktu lalu hanya demi meraih keuntungan psikologis. Bahkan aksi pelatih Liverpool ini dinilai mirip dengan yang pernah dilakukan Ferguson.

Persoalan Terkait Jadwal Kompetisi

Musim ini banyak klub yang mengeluh dengan padatnya jadwal pertandingan, salah satunya adalah Liverpool. Padatnya jadwal bertanding bahkan membuat sejumlah pemain mengalami kesulitan dalam mengatur waktu beristirahat. Imbasnya tentu saja negatif, dimana kesehatan pemain akan terganggu hingga akhirnya tumbang karena cedera.

Situasi inilah yang kini melanda Liverpool saat satu persatu pemainnya tumbang sejak awal musim hingga pekan kesepuluh ini. Mulai dari Virgil Van Dijk, Joe Gomez, Trent Alexander-Arnold, James Milner Alex-Oxlade Chamberlain, serta Naby Keita.

Selain mereka ada nama pemain lain seperti Jordan Henderson, Fabinho, Joel Matip, Andrew Robertson, hingga Alisson yang cedera namun mampu pulih kembali. Terhangat adalah kembali cederanya kiper andalan mereka Alisson Becker yang dipastikan kembali menepi. Situasi ini tentu membuat puyeng Jurgen Klopp yang tengah berambisi mempertahankan gelar juara Liga Premier.

Komplain Klopp

Situasi ini membuat Jurgen Klopp pusing tujuh keliling dengan situasi yang dihadapi timnya. Akhirnya dia pun melontarkan komplain secara terbuka. Pertama yang menjadi sorotan pelatih 53 tahun ini adalah keputusan otoritas Liga Premier yang hanya membolehkan pergantian pemain maksimal tiga orang di setiap laga. Kemudian pelatih asal Jerman ini juga menyinggung pemegang hak siar terkait pemilihan jadwal tanding Liverpool.

Seperti dikutip dari Goal International, Klopp mengungkapkan perlunya kembali berbicara kepada BT Sport terkait pemilihan jadwal tayang yang dinilai mulai menggila. Hal utama yang menjadi pertimbangan sang pelatih adalah kondisi para pemainnya.

Menurut Klopp, Sky dan BT harus berbicara kembali dan mengatur ulang semuanya. Jika timnya harus bermain di hari Rabu lalu Sabtu kembali bermain, Klopp tidak yakin timnya akan bertahan di akhir musim dengan 11 pemain.

Klopp memastikan jika pemegang hak siar tidak pernah peduli dengan kondisi kesehatan para pemain, dan itulah letak masalah utamanya. Dengan ketus Klopp mengungkapkan jika dulu pernah membahas hal ini, namun tidak ada respon yang cukup berarti.

Tiru Alex Ferguson

Sontak saja aksi komplain dari pelatih Liverpool ini memicu komentar dari Gary Neville. Dia mengaku jika apa yang dilakukan Jurgen Klopp ini seperti apa yang pernah dilakukan mantan bosnya di Manchester united dulu, Sir Alex Ferguson.

Gary mengaku jika yang dilakukan Klopp sama persis dengan yang dilakukan Ferguson dulu dan mendapatkan keuntungan dari situasi ini. Menurut mantan bek kanan skuad Setan Merah ini, Klopp berusaha menggunakan taktik psikologis agar Liverpool bisa mempertahankan gelar juara liga mereka.

Seperti diungkapkan kepada Sky Sport News, Neville yakin jika Klopp tidak benar-benar memiliki kerugian dari poin kelelahan. Tidak juga soal durasi laga pramusim atau tentang kickoff di hari Sabtu.

Menurutnya Klopp hanya mencari keuntungan untuk timnya bisa menang. Dari situasi inilah Neville menggambarkan apa yang pernah Sir Alex Ferguson lakukan dengan mengeluh selama bertahun-tahun, karena alasan utama manajer adalah hanya mencari kemenangan.

Memang menjadi resiko besar jika ingin memenangkan liga musim ini dengan beberapa cedera besar. Jadi dia berusaha mendapatkan keuntungan untuk menyuntikkan beberapa hal psikologis kedalam pikiran banyak orang. Seperti yang sudah dilakukan Sir Alex Ferguson selama 15 atau 16 tahun.

Comments
Loading...
error: Content is protected !!