Barcelona Bisa Jual Coutinho di Bulan Januari, Kenapa?

Sumber : lh3.googleusercontent.com
0 6

Berita Sepakbola – Seiring kedatangan Ronald Koeman menjadi pelatih baru Barcelona, Philippe Coutinho semakin sering diandalkan di Barcelona. Namun, hal itu tak lantas membuat masa depan bintang asal Brazil itu di Camp Nou aman. Barcelona dikabarkan akan menjualnya di bursa transfer musim dingin mendatang, tapi kenapa demikian?

Gaji Mahal Jadi Salah Satu Penyebab

Saat dunia dilanda krisis akibat pandemi Covid-19, Barcelona juga ikut terdampak. Pandemi membuat kondisi finansial mereka terguncang. Raksasa Spanyol itupun harus menerapkan sejumlah kebijakan untuk meminimalisir kerugian. Namun hingga saat ini, Barca disebut masih memiliki pengeluaran yang begitu besar.

Salah satu hal yang menyumbang angka pengeluaran terbesar bagi Barca adalah bayaran pemain. Menurut laporan berbagai sumber, Coutinho adalah salah satu pemain yang kini memiliki bayaran termahal dalam skuad Barca. Seperti para pemain lain, Coutinho juga telah sepakat memotong gajinya di Barca, tapi bayaran eks Liverpool itu masih tetap mahal.

Klausul Spesial

Selain karena krisis finansial, Barcelona kemungkinan bakal menjual Coutinho karena adanya sebuah klausul spesial dalam kesepakatan kepindahannya ke Barca. Saat Barcelona memboyong Coutinho dari Liverpool, mereka dikabarkan menyepakati sejumlah syarat. Salah satunya adalah kesepakatan mengenai bonus yang akan diterima klub Merseyside.

Barcelona memasukkan sejumlah klausul istimewa atas kepindahan Coutinho ke Camp Nou. Satu di antaranya adalah bonus yang bisa diterima Liverpool jika Coutinho juara Liga Champions. Musim lalu, Coutinho sukses juarai Liga Champions bersama Bayern München, tapi Liverpool tak mendapat bonus karena Coutinho juara bersama klub selain Barca.

Di samping klausul tersebut, menurut laporan Daily Mail, Barcelona juga memasukkan klausul spesial lainnya dalam kesepakatan pembeliannya dari Liverpool. Dalam klausul tersebut, Barcelona disebut akan memberi bonus pada The Reds. Bonus itu akan diberikan jika Coutinho berhasil catatkan 100 penampilan untuk Barca.

Menurut Daily Mail, jika Coutinho berhasil tampil 100 kali bersama Barca, maka klub Spanyol punya kewajiban memberi bonus 18 juta poundsterling pada Liverpool. Perlu diketahui, Coutinho saat ini telah mencatatkan 90 penampilan untuk Azulgrana. Artinya klausul spesial pemain asal Brazil itu akan aktif tak lama lagi.

Coutinho sejatinya sejatinya sudah mencatatkan 100 penampilan bersama Barcelona sejak lama seandainya ia tak dipinjamkan ke Bayern München. Tapi di musim lalu, ia memilih dipinjamkan ke Bayern. Ia memang tak memenangkan 100 penampilan, tapi ia telah memenangkan beragam gelar, termasuk Liga Champions bersama Die Roten.

Angka 18 juta poundsterling sepertinya terlalu besar bagi Barca, apalagi dengan situasi krisis yang sekarang tengah melanda mereka. Oleh karena itu, menurut The Athletic, Barca disebut akan menjual Coutinho seharga 45 juta poundsterling pada bulan Januari nanti. Hal ini dilakukan agar Barca bisa menghindari pemberian bonus kepada Liverpool.

Misi Manajemen Baru dan Manajemen Lama Barca

Pada bulan Januari mendatang, Barcelona dikabarkan akan melakukan pemilihan presiden baru. Nantinya, misi pertama sang presiden baru yang terpilih itu adalah mencarikan dana untuk membayar klausul spesial Coutinho pada Liverpool. Tapi klausul itu baru akan aktif jika Coutinho selalu tampil untuk Barca selama bulan Desember hingga bulan Januari nanti.

Sementara itu, misi manajemen Barca saat ini justru berkebalikan dengan misi calon presiden yang akan terpilih pada bulan Januari mendatang. Manajemen Barca saat ini punya satu misi, yakni mencari jalan keluar Coutinho. Bagaimanapun, menghemat dana 18 juta poundsterling akan sedikit membantu kondisi ekonomi klub yang saat ini tengah terguncang.

Comments
Loading...
error: Content is protected !!