Borussia Dortmund Resmi Putus Kontrak Pelatih Lucien Favre

Sumber : sm.imgix.net/19/07/lucien-favre.jpg
0 13

Berita Sepakbola – Tumbangnya Borussia Dortmund di tangan Stuttgart pada pekan ke-11 Bundesliga kemarin menyisakan luka mendalam bagi Tim Kuning Hitam. Bagaimana tidak, bermain di kandang sendiri Dortmund justru kalah telak dengan skor 1-5 atas tim papan tengah tersebut. Hasil ini tentu menjadi sebuah catatan yang memalukan bagi klub raksasa sekelas Dortmund.

Langkah tegas langsung dilakukan oleh manajemen Die Borussen. Mereka langsung mengumumkan pemberhentian pelatih mereka, Lucien Favre sehari pasca pertandingan, tepatnya pada Minggu (13/12). Keputusan tersebut harus segera dilakukan demi menyelamatkan nama baik klub.

Kekalahan Memalukan

Borussia Dortmund gagal tampil apik saat berhadapan dengan Vfb Stuttgart di Signal Iduna Park, Sabtu (12/12) lalu. Tak seperti biasanya, pelatih Lucien Favre tampak tidak menurunkan dua pemain bintangnya, Erling Haaland dan Thorgan Hazard dalam laga ini. posisi kedua pemain tersebut digantikan oleh Marco Reus dan Jude Bellingham.

Meski begitu, Die Borussen mampu menguasai jalannya pertandingan dengan catatan penguasaan bola hingga 72 persen. Namun, strategi yang dimainkan Dortmund tak mampu berjalan baik. Justru Stuttgart yang mampu memberikan perlawanan dengan permainan efektif yang mereka peragakan.

Alhasil, Stuttgart mampu membuka keunggulan di menit ke-26 melalui gol yang dicetak oleh Silas Wamangituka. Dortmund sempat merespon dengan gol balasan yang datang dari kaki Gio Reyna di menit ke-39.

Akan tetapi, babak kedua sepenuhnya menjadi milik Stuttgart. Tim besutan Pellegrino Matarazzo sukses membuat Dortmund tak berkutik. Stuttgart bahkan mampu menambah 4 gol tambahan yang membawa mereka menutup laga dengan kemenangan telak 5-1 atas Dortmund.

Kesulitan Bangkit

Hasil minor kontra Stuttgart menjadi kekalahan ke-4 Dortmund di Bundesliga musim ini. Kekalahan tersebut juga menjadi yang paling buruk bagi Dortmund dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Kekalahan itu juga menjadi yang terburuk di ajang Bundesliga musim ini. Hasil minor inilah yang menjadi alasan Dortmund mendepak Favre dari kursi pelatih.

Sejatinya, performa Dortmund di bawah komando Favre tak begitu buruk. Sejak awal musim 2018 lalu, Favre mampu membawa Dortmund bersaing ketat dengan Bayern Munchen di papan atas klasemen Bundesliga. Sayangnya, selama itu Dortmund gagal menggoyahkan dominasi Die Roten. Dortmund di bawah asuhan Favre selalu menjadi bayang-bayang Bayern di setiap musimnya.

Favre sempat berusaha membawa Dortmund bangkit dengan merekrut sejumlah bintang muda berkualitas. Sayangnya, hingga saat ini mereka masih belum mampu mematahkan ketangguhan sang rival baik di kancah domestik maupun internasional.

Kini Dortmund tertahan di peringkat ke-5 klasemen Bundesliga dengan 19 poin. Mereka terpaut 6 angka dengan Bayer Leverkusen yang menempati posisi puncak. Sementara di ajang Liga Champions, Dortmund berhasil lolos ke babak 16 besar setelah menjuarai Grup F dengan koleksi 13 poin dari 6 laga.

Calon Pengganti

Perginya Favre membuat asisten pelatihnya, Edin Terzic, naik jabatan sebagai pelatih kepala. Terzic akan dipercaya untuk menangani Dortmund hingga akhir musim nanti. Manajemen Dortmund akan mengevaluasi kinerja Terzic selama beberapa bulan kedepan sebelum memutuskan pelatih tetap.

Sejumlah media di Jerman mengabarkan bahwa terdapat beberapa nama yang menjadi kandidat pelatih tetap Dortmund. Mauricio Pochettino menjadi nama yang paling diyakini akan mengisi kursi pelatih Dortmund musim depan.

Pengalaman dan kejelian Pochettino dalam memoles pemain muda menjadi nilai plus yang dinilai cocok dengan tradisi Dortmund dengan pemain mudanya. Selain itu, ada pula nama pelatih Borussia Monchengladbach, Marco Rose, yang menjadi kandidat kuat pelatih Dortmund selanjutnya.

Comments
Loading...
error: Content is protected !!