Covid-19 Klaster Copa America: Brazil Deteksi 53 Orang Terinfeksi

Sumber : shropshirestar.com
0 46

Tiketprediksi.net – Kasus positif Covid-19 di beberapa negara memang sudah mengalami penurunan jumlah. Kendati demikian, beberapa kompetisi sepakbola ternyata masih berada di bawah ancaman virus ini. Copa América kini menjadi klaster baru penyebaran Covid-19 di mana Brazil baru-baru ini mengidentifikasi sejumlah kasus baru.

Peningkatan Kasus Covid-19

Pandemi Covid-19 memang saat ini sudah tak seganas beberapa bulan yang lalu. Meski begitu, Covid-19 ternyata masih menjadi momok menakutkan di berbagai aspek kehidupan. Sepakbola menjadi salah satu bidang yang terganggu akibat Covid, dan berbagai kompetisi kini berada di bawah ancaman virus mematikan ini.

Kompetisi antar negara-negara benua Amerika, Copa América menjadi salah satu kompetisi sepakbola yang ikut terdampak pandemi. Ajang Copa América 2021 sendiri sudah dimulai sejak beberapa hari yang lalu. Tetapi di tengah gelaran turnamen, Covid ternyata masih tetap mengintai kompetisi ini.

Gelaran Copa América bahkan menjadi klaster baru penyebaran Covid-19 di negara penyelenggaranya, Brazil. Setelah beberapa hari menggelar turnamen Copa América, Brazil menemukan sejumlah kasus Covid-19 baru. Peningkatan kasus Covid-19 ini terjadi di kalangan staff, maupun pemain dari negara-negara peserta.

Seperti dilansir dari Daily Mail, Kementrian Kesehatan Brazil diketahui berhasil mengidentifikasi adanya 53 kasus positif Covid-19 di klaster Copa América. Situs inter303 dan media Daily Mail juga mengungkapkan bahwa ada banyak orang yang menjalani tes. Yaitu sekitar 5.082 orang, dan 53 di antaranya dinyatakan positif terinfeksi.

Penurunan Jumlah Pemain dan Staff Terinfeksi

Temuan 53 kasus baru Covid-19 ini dilaporkan pada hari Kamis (17/6), dan temuan ini tentu saja lebih banyak dari temuan sehari sebelumnya. Sebelumnya, Kementrian Kesehatan Brazil menemukan 52 kasus Covid-19 baru dari klaster Copa América. Dengan demikian, temuan pada hari Kamis (17/6) berjumlah lebih banyak satu kasus dari hari sebelumnya.

Sumber yang sama juga menuturkan bahwa Kementrian Kesehatan Brazil mengungkapkan ada penurunan jumlah pemain dan staff yang terinfeksi. Dari semula ada total 33 staff dan pemain, menjadi hanya 27 staff dan pelatih. Kementrian Kesehatan Brazil juga menyebut bahwa ada 26 pekerja terkait Copa América yang terinfeksi Covid-19.

Dari 26 pekerja yang dilaporkan terinfeksi, beberapa di antaranya berada di Brasilia, tempat di mana Brazil memulai perjalanan di Copa América lewat kemenangan kontra Venezuela. Beberapa lainnya berada di Rio de Janeiro, venue laga Argentina vs Chile. Sedang yang lainnya berada di Goiania, tempat di mana Paraguay mengalahkan Bolivia dengan skor 3-1.

Covid Memang Sudah Menghantui

Sebelum Copa América dimulai, Covid-19 memang sudah santer menghantui kompetisi antar negara-negara benua Amerika. Argentina dan Kolombia pada awalnya direncanakan bakal menjadi penyelenggara turnamen ini. Tapi kedua negara itu akhirnya batal menjadi tuan rumah, dan Brazil akhirnya mengajukan diri untuk menghelat turnamen ini.

Pemilihan Brazil sebagai tuan rumah Copa América memang terlihat tidak wajar karena negara ini juga sedang dihantui Covid. Bayangkan saja, Brazil kini menjadi negara dengan angka kematian akibat Covid-19 tertinggi ke-2 di dunia. Di sana, jumlah pasien meninggal dunia tercatat sampai menyentuh angka 490 ribu orang.

Sementara itu, Konfederasi Sepakbola Amerika Selatan atau CONMEBOL mendapat banyak kritikan akibat kenekatan mereka menggelar Copa América. Banyak yang menilai CONMEBOL tidak peduli terhadap keselamatan seluruh pihak yang terlibat. CONMEBOL disebut hanya ingin meraup banyak keuntungan dari turnamen ini.

Meski dihujani kritikan, CONMEBOL akhirnya angkat bicara dan menegaskan bahwa mereka tidak buru-buru dalam menggelar Copa América. CONMEBOL menegaskan bahwa mereka sudah melakukan persiapan matang untuk menggelar turnamen ini. https://www.spyropress.com/forums/users/rachelmiracle/ Mereka juga menyebut bahwa mereka peduli pada pemain, staff dan semua pihak yang terlibat.

Comments
Loading...
error: Content is protected !!