Erling Haaland, Raih Penghargaan ‘Golden Boy 2020

Sumber : images2.minutemediacdn.com/image
0 28

Berita Sepakbola – Penghargaan yang sangat membanggakan baru saja menjadi milik pemain muda Borussia Dortmund, Erling Haaland. Bagaimana tidak, sang bomber 20 tahun ini menyabet penghargaan sebagai The ‘Golden Boy 2020’ setelah mengalahkan nominasi lainnya.

Kalahkan Rekan Satu Tim

Penghargaan ini diberikan oleh surat kabar ternama Italia, Tuttosport yang tahun lalu sudah memenangkan Joao Felix. Penghargaan ini memang khusus diberikan kepada para pemain terbaik dari liga-liga di Eropa yang masih dalam strata usia dibawah 21 tahun.

Tahun ini, Haaland berhasil menghiasi halaman depan majalah Tuttosport pada Sabtu (21/11) dan mengalahkan nominasi lainnya. Diantaranya ada rekan satu timnya, Jadon Sancho, kemudian ada Alphonso Davies dari Bayern Munchen, striker Manchester United, Mason Greenwood, dan juga pemain fenomenal milik Barcelona, Ansu Fati.

Sebelumnya wartawan ternama, Fabrizio Romano juga sempat mengklaim jika penghargaan ini akan menjadi milik Erling Haaland. Ajang ini sudah berlangsung sejak dimulai pada tahun 2003 silam, dan sebelumnya sempat dimenangkan oleh Paul Pogba di tahun 2013, Kylian Mbappe di tahun 2017.

Mesin Gol

Haaland pantas mendapatkan penghargaan ini karena di usianya yang masih muda dia sudah mampu menampilkan permainan yang sangat gemilang. Musim lalu, anak dari Alf-Inge Haaland ini sudah membukukan sebanyak 44 gol dari semua kompetisi. Dari total 44 gol tersebut, 16 diantaranya dicetak Haaland dari 18 laga bersama Borussia Dortmund sesaat setelah pindah dari RB Salzburg di bursa musim dingin Januari 2020 lalu.

Untuk periode musim 2020/2021, bomber berambut pirang ini sudah mencatatkan 11 gol dari 11 laga untuk pasukan Lucien Favre. Total ini sudah termasuk empat gol dari tiga penampilannya di ajang Liga Champions. Untuk level Internasional, Haaland juga sudah mengemas enam gol hanya dari tujuh pertandingan bersama Timnas Norwegia.

Menjadi Yang Kedua

Untuk Borussia Dortmund sendiri, penghargaan Golden Boy ini merupakan yang kedua kalinya didapatkan pemain mereka. Haaland menjadi pemain Borussia Dortmund kedua yang berhasil menyabet penghargaan pemain muda terbaik ini. Pemain Die Borussen pertama yang berhasil mendapatkan Golden Boy adalah Mario Gotze yang mendapatkannya pada tahun 2011 silam.

Sedangkan untuk negara Norwegia, Haaland adalah pemain pertama yang mendapatkan penghargaan bergengsi ini. Bahkan penghargaan ini juga menjadikan Norwegia sejajar dengan Italia yang sempat mendapatkan golden boy berkat aksi menawan Mario Balotelli di tahun 2010, dan juga Jerman berkat permainan menawan Mario Gotze tahun 2011 lalu.

Ada juga negara lain yang pemainnya pernah mendapatkan penghargaan ini, diantaranya ada Belanda, Inggris, Argentina, Spanyol, Brasil, dan Portugal yang sejauh ini negara tersebut masing-masing telah memenangkan nominasi ini dua kali.

Sedangkan untuk Prancis masih menjadi negara pertama yang memenangkan nominasi bergengsi ini dengan pemain terbanyak, yaitu sebanyak tiga kali. Diantaranya adalah Pogba di edisi 2013, Anthony Martial di edisi 2015, dan terakhir adalah Kylian Mbappe di edisi 2017.

Rumor Kian Kencang

Dengan diraihnya penghargaan ini, maka Haaland menjadi diakui sebagai pemain muda terbaik di Eropa saat ini. Wajar saja jika kemudian banyak klub top kelas atas yang kini mulai melirik untuk berburu tanda tangannya.

Sebut saja juara La Liga musim 2019/2020 lalu, Real Madrid yang menjadi magnet banyak pemain bintang Eropa yang sempat memperlihatkan keinginannya untuk memboyongnya dari Signal Iduna Park. Bahkan raksasa Liga Premier, Manchester United juga siap menjadi pelabuhan selanjutnya dari pemain Timnas Norwegia ini.

Namun ayah Haaland selaku agen pribadinya sempat mengungkapkan kepada SPORT1, dimana semua spekulasi hanya menunggu waktu. Saat sang pemain bermain bagus, wajar jika banyak klub besar mendekat. Kini Haaland diketahui sedang menjadi bagian dari tim yang fantastis dan sudah mengikat kontrak panjang hingga 2024 mendatang.

Comments
Loading...
error: Content is protected !!