Kabar Duka, Diego Maradona Tutup Usia

0 25

Berita Sepakbola – Dunia sepak bola kembali berduka menyusul kabar tentang meninggalnya salah satu legenda asal Argentina, Diego Maradona. Pemain yang terkenal dengan ‘gol tangan tuhan’ ini meninggal pada Rabu (25/11/2020) malam tadi dalam usia 60 tahun.

Serangan Jantung

Kabar ini datang dari salah satu media asal Amerika Selatan, Clarin. Mereka melaporkan jika sang legenda menghembuskan nafas terakhirnya di rumah sakit pada Rabu malam WIB. Pemain kebanggaan tim tango ini dikabarkan meninggal setelah mengalami serangan jantung ketika sedang berada di rumahnya.

Permasalahan ini sebenarnya sudah cukup sering menghampiri Diego Maradona selama beberapa tahun belakangan ini. Bahkan satu bulan yang lalu, sang legenda sempat menjalani operasi pembekuan darah di otaknya.

Kemudian operasi tersebut berjalan lancar dan mantan pesepakbola 60 tahun ini sudah diperbolehkan pulang. Namun dua pekan setelah perawatan ini, Maradona malah dinyatakan meninggal dunia.

Maradona Berpulang

Seperti dikutip dari media Daily Mail, pihak pengacara pribadi Maradona juga sudah mengkonfirmasi kabar duka ini. Hingga akhirnya kabar ini dengan cepat menyebar ke seluruh penjuru dunia. Sejak berita itu terdengar, kini banyak ungkapan bela sungkawa mulai berdatangan dari berbagai kalangan kepada keluarga yang ditinggalkan.

Menurut seorang jurnalis bernama Cesar Luis Merlo, dia memberitakan jika dokter yang merawat Maradona sudah berusaha sekuat tenaga untuk mempertahankan nyawa legenda Argentina ini. Namun semuanya sudah terlambat, dan dunia sepak bola kembali kehilangan salah satu talenta pemain terbaiknya.

Saat ini Maradona tengah aktif menjadi pelatih di Gimnasia De La Plata yang berlaga di Argentine Primera Division sejak tahun 2019. Dengan kabar duka ini, otomatis pekerjaan pelatih utama ini menjadi kosong.

Prestasi Diego Armando Maradona

Semenjak gantung sepatu dan memutuskan terjun di dunia kepelatihan, karir Diego Maradona bisa dikatakan tidak begitu gemilang. Bahkan dia tidak memiliki catatan mentereng sebagai seorang arsitek serangan. Sejak pensiun, Maradona tercatat melatih sebanyak tujuh tim dan tidak pernah bertahan lama di klub tersebut. Termasuk saat menukangi Timnas Argentina pada tahun 2008 hingga 2010 lalu.

Namun saat masih aktif menjadi seorang pemain sepak bola, Maradona sangat dikenal publik sebagai salah satu legenda di atas lapangan hijau. Pemain kelahiran 30 Oktober 1960 ini sudah mencatatkan gol sebanyak 312 gol dari 588 penampilannya.

Diketahui Maradona sudah membela tujuh tim berbeda di Eropa, diantaranya ada Barcelona, Napoli, Sevilla hingga Boca Juniors. Sudah 12 gelar bergengsi hinggap di pundaknya, baik dari level klub maupun dari level internasional. Gelar paling bergengsi yang pernah dia sumbangkan adalah trofi Piala Dunia 1986.

Gol Tangan Tuhan

Satu hal yang paling ikonik dengan Maradona tidak lain adalah gol tangan tuhan.  Gol tangan tuhan sendiri terjadi pada saat Argentina bertemu dengan Inggris pada (22/6/1986) dan menjadi gol pembuka kemenangan tim Tango pada laga ini. Gol ini awalnya sempat diprotes para pemain Inggris saat itu.

Namun wasit tidak bergeming dan tetap kekeh dengan keputusannya mengesahkan gol Maradona. Hingga akhirnya kecurangan tersebut baru diketahui setelah Maradona mengungkapkan kebenarannya setelah 19 tahun atau tepatnya di tahun 2005 lalu.

Piala dunia 1986 ini mulanya akan berlangsung di Kolombia, namun pindah ke Meksiko karena negara pertama tidak sanggup menjadi tuan rumah. Sampai di babak final akhirnya Argentina mampu menjadi pemenang setelah mereka menumbangkan jagoan utama, Jerman Barat dengan skor tipis 3:2.

Untuk level klub, Maradona membesarkan popularitasnya di Napoli. Di klub inilah karirnya meroket setelah berbagai prestasi dia sumbangkan untuk skuad Gli Azzurri. Selama tujuh musim berseragam Napoli, Maradona mengukir gol sebanyak 155 kali dari 259 laga. Berkat keberhasilannya ini, Maradona bahkan sampai dielu-elukan publik San Paolo hingga dijuluki dewanya i Partenopei.

Comments
Loading...
error: Content is protected !!