Kisah Carlo Ancelotti Ubah Cristiano Ronaldo Dari Winger Menjadi Striker

Sumber : sofascore.com/Carlo-Ancelotti-Cristiano-Ronaldo-Madrid_ALDIMA20140809_0003_3.jpg
0 8

Berita Sepakbola – Bagi Cristiano Ronaldo, sosok Carlo Ancelotti merupakan pelatih yang sangat berjasa di dalam karir sepakbolanya. Bersama peraih trofi Ballon d’Or lima kali ini, Ancelotti pernah membawa Real Madrid memenangkan Liga Champions musim 2013/2014.

Pertemuan Singkat

Carlo Ancelotti pernah menjadi pelatih yang berjasa dan pernah menjadi bagian dalam masa kejayaan Real Madrid yang akhirnya mampu membawa pulang si Kuping Besar atau sebutan untuk Trofi Liga Champions. Pelatih asal Italia ini berhasil mempersembahkan gelar bergengsi tersebut untuk Los Merengues hanya sesaat setelah dirinya bergabung.

Sebelum melatih Real Madrid, Ancelotti diketahui menukangi tim raksasa Prancis, Paris Saint-Germain. Namun sayang karirnya bersama Los Blancos tidak berlangsung lama setelah pada akhirnya tahun 2015 lalu dirinya dipecat dari kursi kepelatihan.

Sementara itu karir salah satu pemain terbaiknya, Cristiano Ronaldo berlangsung lebih panjang daripada sang pelatih. Pemain asal Portugal ini datang pada tahun 2009 silam setelah diboyong dari Manchester United. Sembilan musim berselang, Ronaldo akhirnya menyudahi karirnya di Santiago Bernabeu dan memutuskan hijrah ke Juventus dan bertahan hingga saat ini.

Meskipun keduanya bertemu di Real Madrid dalam waktu yang relatif singkat, sentuhan ajaib Carlo Ancelotti mampu memberikan pengaruh besar terhadap karir Ronaldo. Berkat pelatih asal Italia inilah Ronaldo menjelma dari awalnya seorang winger menjadi penyerang sentral. Bahkan perubahan ini membuat kekasih Georgina Rodriguez ini gacor dan menggelontorkan banyak gol. Mulai saat itu rekor demi rekor berhasil dipecahkan eks winger Setan Merah ini.

Ancelotti Meyakinkan Ronaldo

Adalah Paul Clement, yang saat ini menjadi asisten pelatih Zinedine Zidane di Real Madrid yang pernah menjadi saksi kejeniusan dari seorang Carlo Ancelotti. Dia mengaku masih ingat betul apa yang pernah dikatakan Ancelotti kepada Ronaldo kala itu.

Seperti yang dirangkum oleh Goal International, Clement mengisahkan apa yang telah terjadi antara Carlo Ancelotti dan Cristiano Ronaldo. Saat Clement dan Ancelotti datang di klub ini, Ronaldo sudah lebih dulu memerankan tugas sebagai pemain nomor 9.

Namun musim berikutnya pelatih yang kini menjadi juru racik serangan di Everton ini memiliki rencana lain untuk Cristiano Ronaldo di musim 2013/2014. Kala itu Ancelotti memiliki gagasan untuk menjadikan Ronaldo sebagai striker penuh agar pemain Timnas Portugal ini tidak terus-terusan mengejar bek sayap lawan.

Saat itu Ronaldo meminta Ancelotti untuk memainkan dirinya di sisi kiri lapangan. Hal ini bertujuan agar pemain yang saat ini sudah berusia 35 tahun nini merasa bebas untuk menusuk ke tengah dan melepas tembakan, serta melakukan umpan silang sehingga bisa menghasilkan operan kunci.

Sebagai tanggapan atas permintaan sang pemain, Carlo Ancelotti membalasnya dengan mempersilahkan Ronaldo mengambil peran tersebut. Bagi sang pelatih penting untuk para pemainnya bisa bermain dengan nyaman.

Cara Ancelotti Perlakukan Pemain Bintang

Pernyataan tersebut tentu saja terdengar aneh, padahal dia adalah pelatihnya dan semua pemain harus menuruti keinginannya. Tetapi yang dilakukan Ancelotti adalah hal yang sebaliknya. Namun menurut Clement, begitulah cara Ancelotti untuk meyakinkan sang penyerang bahkan juga untuk pemain papan atas seperti Ronaldo.

Lebih lanjut Clement mengungkapkan jika Carlo tidak harus bersikap terlalu kaku namun tetap tegas terhadap pemainnya. Poin terpentingnya adalah sang pemain merasa nyaman, sebab pemain seperti Ronaldo adalah pemenang dan bekerja dengan baik. Kemudian Clement dan Ancelotti hanya tinggal menyesuaikan sisanya dan mematikan Ronaldo tidak lagi mengejar bek sayap.

Saat itu Real Madrid menerapkan formasi 4-4-2 dengan Ronaldo dan Benzema sebagai striker. Kemudian Angel Di Maria di lini tengah yang maju ke sisi kiri menciptakan formasi empat.

Comments
Loading...
error: Content is protected !!