Krisis Finansial, Barcelona Bisa Jual Frenkie De Jong, Ada yang Mau?

Sumber : acefootball.com/Frenkie De Jong
0 15

Berita Sepakbola – Barcelona dikabarkan tengah benar-benar dalam kondisi finansial buruk dan terpaksa menjual beberapa pemain di bursa transfer. Salah satu nama pemain yang dipajang di etalase pemain dijual Blaugrana musim dingin nanti adalah Frenkie De Jong.

Berpeluang jadi Korban

Pemain asal Belanda, Frenkie De Jong mendarat di Camp Nou pada tahun 2019 lalu setelah pihak Blaugrana menyelesaikan transfer dari Ajax Amsterdam. Kala itu pemain 23 tahun ini diboyong dengan mahar senilai 75 juta Euro. Sejak saat itu juga De Jong langsung menjadi pemain reguler klub asal Catalan ini.

Sejauh ini De jong sudah mencatatkan 57 penampilan sejak laga debutnya pada bulan Agustus tahun lalu. Dari total laga tersebut, 15 laga diantaranya berlangsung musim 2020/2021 ini. Sayangnya karir pemain potensial ini di Barcelona terancam berakhir dengan cepat.

Pandemi virus Covid-19 sejak pertengahan Maret 2020 lalu ini masih terasa dan memberikan pukulan telak pada kondisi finansial Barcelona. Sehingga pihak manajemen terpaksa menjual beberapa nama termasuk De Jong demi keberlangsungan tim.

Terpaksa Jual Pemain

Satu pekerjaan rumah yang harus segera dituntaskan manajemen Blaugrana dalam jangka waktu dekat adalah beban gaji pemain. Kemudian setengah dari masalah tersebut dipastikan akan bisa diselesaikan ketika Lionel Messi mengakhiri kontraknya pada akhir musim nanti.

Meski Messi pergi dari Camp Nou, pada kenyataannya kepergiannya tidak akan bisa mengakhiri permasalahan finansial yang dialami Barcelona sampai ke akar-akarnya. Mereka juga masih harus melepas lebih banyak pemain dengan gaji selangit di bursa transfer berikutnya.

Sejauh ini nama-nama pemain yang bisa mendongkrak keuangan Barcelona dengan penjualannya adalah Ansu Fati, De Jong, Marc-Andre Ter Stegen, dan juga Antoine Griezmann. Besar kemungkinannya salah satu dari keempat punggawa tersebut akan dilepas demi menyelamatkan neraca finansial klub asal Catalan ini.

Peminat De Jong

Meskipun terancam dijual, namun kabar baiknya keputusan ini tidak akan terjadi pada bursa transfer Januari 2021 mendatang. Sebab seluruh jajaran manajemen Barcelona masih harus menunggu keputusan Presiden baru yang akan terpilih pada pemilu 24 Januari 20212 mendatang.

Namun jika terlalu terpaksa harus dijual pada Januari 2021 mendatang, maka De Jong akan menjadi nama pertama yang siap dilepas. Namun mencari peminat pemain asal Belanda ini tidaklah sulit. Dikabarkan dari Goal International dan Spox, dimana mereka melaporkan jika Bayern Munchen berniat untuk memiliki jasa pemain 23 tahun ini.

Tim raksasa asal Bundesliga Jerman ini diketahui pernah melakukan pendekatan kepada Frenkie De Jong ketika dirinya masih bermain untuk Ajax Amsterdam. Selain itu The Bavarians dikabarkan juga tengah mengincar salah satu punggawa Juventus, Matthijs De Ligt.

Bayern Munchen Bisa Manfaatkan Krisis Finansial Barcelona

Sebenarnya pada Oktober 2020 kemarin, pihak manajemen Barcelona baru saja mengumumkan perpanjangan kontrak baru untuk empat pemainnya. Keempat pemain ini diantaranya ada Gerard Pique, Clement Lenglet, Marc-Andre ter Stegen, dan yang terakhir Frenkie de Jong.

Pihak klub membuat perpanjangan kontrak hingga bulan Juni 2026 mendatang. Dengan kontrak baru, pasti ada kenaikan gaji yang cukup signifikan. Disinilah masalah yang akan dihadapi Barcelona yang kemudian membuat hutang mereka membengkak.

Musim panas 2019 lalu Bayern Munchen menjadi pesaing utama Barcelona dalam perburuan De Jong. Namun sayangnya sang pemain malah memilih Barcelona sebagai pelabuhan karirnya. Meski demikian, direktur olahraga Bayern Munchen, Hasan Salihamidzic masih tetap melakukan kontak dengan agen sang pemain.

Barcelona juga sadar akan hal ini, dan berharap hubungan tersebut akan mempermudah pihak Blaugrana membuka obrolan untuk De Jong. Nantinya Barcelona dipastikan akan menghiraukan klausul rilis 400 juta Euro yang disematkan dalam kontrak baru de Jong saat berunding dengan Bayern Munchen.

Comments
Loading...
error: Content is protected !!