Laga Brighton vs Liverpool Akan Jadi Penampilan ke-100 Alisson Untuk The Reds

0 25

Berita Sepakbola – Pertandingan antara Brighton & Hove Albion vs Liverpool akan berlangsung Sabtu (28/11)  malam hari nanti. Sepertinya tak ada yang istimewa pada pertandingan ini. Namun, bagi kiper Liverpool, Alisson, laga ini akan sangat berarti baginya. Laga melawan Brighton akan menandai penampilannya yang ke-100 untuk The Reds.

Penampilan ke-100 Alisson

Liverpool akan bertamu ke markas Brighton & Hove Albion dalam laga lanjutan pekan ke-10 Liga Primer Inggris mendatang. Mereka akan berusaha tampil maksimal guna merebut posisi puncak klasemen dari tangan Tottenham. Sekilas, tak ada yang spesial dari laga kontra Brighton, tapi bagi kiper mereka, Alisson laga ini bukan laga biasa.

Dalam pertandingan melawan Brighton mendatang, mantan penjaga gawang AS Roma tersebut akan mencatatkan penampilan ke-100 nya bersama Liverpool. Ini tentu akan jadi pencapaian luar biasa baginya. Pasalnya, dalam 99 pertandingan yang telah dimainkan, Alisson telah menjadi bagian penting dalam pasukan Jürgen Klopp.

Alisson didatangkan dari AS Roma pada bulan Juli 208 silam dengan biaya transfer sebesar  66,8 juta poundsterling yang membuatnya menjadi kiper termahal kala itu. Sejak saat itu, Alisson membuat lini belakang Liverpool semakin kokoh. Ditambah dengan kehadiran Virgil van Dijk, The Reds menjadi salah satu tim dengan pertahanan terkuat di Premier League.

Musim ini, penjaga gawang berusia 28 tahun tersebut telah bermain sebelas kali bersama Liverpool di semua ajang. Tujuh kali di Premier League, tiga kali di kompetisi Liga Champions dan sekali di ajang Community Shield. Dari sebelas laga yang dimainkan pula, Alisson telah mencetak empat kali clean sheet.

Komentar Jürgen Klopp

Pentingnya peran Alisson untuk Liverpool juga diungkapkan oleh sang pelatih, Jürgen Klopp. Klopp yang mendatangkan Alisson mengatakan bahwa peran penting Alisson untuk Liverpool tak bisa ia ungkapkan dengan kata-kata. Klopp menilai bahwa 99 penampilan Alisson sebelumnya adalah penampilan yang begitu impresif.

Seperti dilansir FourFourTwo, Klopp juga mengungkapkan bahwa Klopp tak dapat mengingat kapan Alisson tampil buruk ketika mengawal mistar gawang timnya. Baginya, Alisson adalah kiper kelas dunia. Jadi, Klopp merasa senang dengan kehadirannya dalam skuad dan berharap bisa menurunkan sang penjaga gawang lebih sering lagi.

Perjalanan Karir Alisson

Kiper bernama lengkap Alisson Ramses Becker juga telah melewati perjalanan karir yang berliku, mulai dari Brazil, Italia hingga kini memperkuat Liverpool. Alisson lahir pada tanggal 2 Oktober 1992 di Novo Hamburgo, Brazil. Ia mengawali karirnya di klub Brazil, Internacional, sebelum akhirnya pindah ke AS Roma.

Datang pada tahun 2016 dengan biaya transfer hanya sebesar 7,5 juta euro kala itu, Alisson hanya bermain selama sekitar dua musim untuk klub ibukota Italia. Ia kemudian pindah ke Liverpool sebagai kiper termahal. Di musim perdananya bersama The Reds, Alisson mendapat gelar Premier League Golden Glove musim 2018/2019.

Sepanjang karirnya bersama raksasa Premier League, Alisson juga telah memenangkan sejumlah gelar. Ia membantu Liverpool akhiri puasa gelar Premier League selama 30 tahun lamanya pada musim 2019/2020 kemarin. Alisson juga mampu bawa Liverpool menjuarai Liga Champions musim 2018/2019 serta Piala Dunia Antarklub tahun 2019 kemarin.

Penampilan impresifnya di klub juga ia tunjukkan ketika memperkuat negaranya, Brazil. Ia tampil di berbagai level timnas junior sebelum melakoni debut seniornya pada 2015. Alisson mewakil Brazil di berbagai turnamen bergengsi. Mulai dari Copa América Centenario 2016, Piala Dunia 2018 dan Copa América 2019 yang berhasil dimenangkan Tim Samba.

Comments
Loading...
error: Content is protected !!