Menarik, Inilah 24 Kontestan Piala Eropa 2020

0 30

Berita Sepakbola – Babak Kualifikasi Piala Eropa atau Euro 2020 telah berakhir pada Kamis (13/11) kemarin. Sejumlah 24 tim dari seluruh penjuru benua biru telah memastikan tempatnya di putaran final kejuaraan elit tersebut.

Seluruh kontestan pada kompetisi ini memiliki cerita uniknya masing-masing. Tak sedikit dari mereka yang memang lolos sesuai prediksi. Namun, beberapa di antaranya menjadi debutan di ajang ini yang tentunya akan membuat persaingan semakin ramai.

Tim Raksasa Mendominasi

Sesuai prediksi banyak orang, beberapa negara raksasa mendominasi jalannya babak kualifikasi Piala Eropa 2020. Inggris, Jerman, Spanyol, Italia, Perancis dan Belgia berhasil finish sebagai juara di grup masing-masing. Sementara itu, juara bertahan Piala Eropa, Portugal menduduki posisi runner-up Grup B, di bawah Ukraina.

Dari sekian banyak kontestan, Belgia menjadi yang paling bersinar di babak kualifikasi kali ini. Tim berjuluk The Red Devils tersebut berhasil menduduki peringkat pertama Grup I tanpa pernah tergusur. Mereka berhasil menyapu bersih 10 pertandingan dengan kemenangan.

Selain itu, Belgia menjadi tim paling subur dengan torehan 40 gol dan hanya kebobolan 3 gol. Striker mereka, Romelu Lukaku, menjadi yang paling kontributif dengan sumbangan 7 gol. Adapun Eden Hazard berhasil menyumbang 7 assist di kompetisi ini.

Selain 8 tim yang telah disebut di atas, 12 tim lain juga berhasil lolos otomatis ke putaran final. Swiss, Kroasia, dan Polandia berhasil merebut posisi teratas di grup masing-masing. Selain itu ada Republik Ceko, Belanda, Denmark, Wales, Swedia, Austria, Turki, Rusia dan Finlandia yang lolos dengan status runner-up grup.

Sejarah Baru

Piala Eropa 2020 akan digelar dengan format yang sedikit berbeda dengan edisi-edisi sebelumnya. Selain ada beberapa negara sebagai tuan rumah, jumlah kontestan kali ini juga dikembangkan dari yang awalnya 16 menjadi 24 negara.

Oleh sebab itu, pada akhir babak kualifikasi kemarin, digelar babak play-off untuk melengkapi jumlah kontestan di putaran final. Sebanyak 16 negara berpredikat peringkat ketiga terbaik di fase grup saling sikut demi memperebutkan 4 tiket terakhir menuju putaran final.

Alhasil, dari babak play-off, Makedonia Utara, Skotlandia, Slovakia dan Hungaria berhasil memastikan diri melaju ke Piala Eropa 2020. Hal ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi negara-negara tersebut.

Terlebih lagi bagi Makedonia Utara yang menjadi tim debutan di kompetisi elit ini. Ini merupakan kali pertama dalam sejarah sepakbola di negara tersebut dimana mereka berhasil lolos ke Piala Eropa. Sebelumnya, tim berjuluk Red Lions ini kerap menjadi bulan-bulanan tim lain di babak kualifikasi sehingga tak pernah lolos ke putaran final.

Sementara itu, Skotlandia juga mengukir sejarah baru. Mereka akhirnya berhasil lolos ke putaran final Piala Eropa setelah menunggu selama 24 tahun. Terakhir kali mereka berlaga di Piala Eropa adalah pada tahun 1996 dimana saat itu Inggris menjadi tuan rumah. Mereka berhasil lolos setelah mengalahkan Serbia 5-4 melalui adu penalti.

Musim Panas 2021

Gelaran Piala Eropa 2020 sejatinya berlangsung pada musim panas tahun ini. Namun, pandemi corona yang mengganggu aktivitas publik di seluruh dunia membuat panitia pelaksana terpaksa menunda kompetisi tersebut. Setelah menimbang beberapa faktor, Piala Eropa 2020 dipastikan akan digelar pada Juni 2021.

Sebanyak 12 negara akan menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Piala Eropa 2020 tahun depan. 24 kontestan yang terdaftar akan bersaing dalam 6 grup yang berbeda. Dari setiap grup akan diambil 2 tim terbaik untuk lolos ke fase gugur. Selain itu, 2 tim peringkat ketiga terbaik juga akan melaju ke babak berikutnya.

Laga antara Turki kontra Italia akan menjadi partai pembuka kompetisi ini. Laga tersebut rencananya akan digelar pada Sabtu, 12 Juni 2021 di Stadio Olimpico, Roma.

Comments
Loading...
error: Content is protected !!