Mengenal Youssoufa Moukoko, Wonderkid Dortmund yang Sukses Catatkan Sejarah

Sumber : img.bundesliga.com
0 11

Berita Sepakbola – Borussia Dortmund seakan tak pernah kehabisan talenta berbakat. Sejumlah pemain bintang lahir dari klub ini hampir di setiap musimnya. Bahkan, beberapa diantaranya sukses merambah karir bersama klub-klub raksasa di dataran Eropa.

Musim ini, Dortmund kembali kedatangan talenta hebat. Namanya adalah Youssoufa Moukoko. Pemain yang masih berusia 16 tahun tersebut sukses mencatatkan sejarah sebagai pencetak gol termuda di ajang Bundesliga Jerman. Prestasi tersebut seketika melejitkan nama Moukoko. Ia disebut sebagai aset berharga Dortmund yang diprediksi akan membawa Die Borussen bangkit dari keterpurukan.

Pencetak Gol Termuda

Ada hal menarik yang terjadi pada laga Bundesliga antara Union Berlin kontra Borussia Dortmund, Sabtu kemarin (19/12). Dalam laga tersebut, Dortmund harus menelan kekalahan ke di Bundesliga setelah mengakhirinya dengan skor 1-2.

Meski begitu, Die Borussen berhasil mencatatkan sebuah rekor baru. Salah satu pemainnya, Youssoufa Moukoko, berhasil memastikan diri sebagai pencetak gol termuda di Bundesliga. Moukoko berhasil mencetak gol di usianya yang masih 16 tahun 28 hari. Ia sukses mematahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Florian Wirtz yang mencetak gol pada usia 17 tahun 34 hari.

Pada laga melawan Union Berlin, Moukoko turun sebagai starter. Ia tampil apik sepanjang laga sebagai seorang striker tunggal.

Moukoko berhasil mencetak gol di menit ke-60 yang membawa Dortmund menyamakan kedudukan. Memanfaatkan umpan Raphael Guerreiro, Moukoko melepaskan tendangan ke pojok kanan atas dalam gawang yang tak mampu dijangkau oleh kiper lawan.

Sayangnya, gol tersebut gagal memberikan kesan apik karena pada akhir pertandingan, Dortmund harus menerima kekalahan 1-2 atas Union Berlin.

Bakat Alami

Rekor yang dibuat Moukoko seketika melambungkan namanya. Tak sedikit yang mengelu-elukan striker muda tersebut. Bahkan, banyak di antara mereka yang memprediksi bahwa Moukoko akan menjadi bintang masa depan Dortmund.
Jauh sebelum itu, nama Moukoko sudah diketahui oleh banyak pemandu bakat di Jerman. ia dikenal sebagai sosok striker berbahaya.

Moukoko mengawali karirnya bersama tim akademi St. Pauli pada 2014. Selama membela klub tersebut, Moukoko sukses mengoleksi 23 gol dalam 13 pertandingan di level junior.

Setelah 2 tahun membela St. Pauli, Moukoko kemudian dibeli Dortmund saat usianya masih 13 tahun. Meskipun usianya terbilang masih sangat muda, Moukoko langsung masuk ke tim U-17 Dortmund.

Penampilan apik Moukoko membawanya promosi ke tim U-19 Dortmund beberapa bulan kemudian. Ia menjadi pemain termuda yang tampil penuh di ajang UEFA Youth League musim 2019/2020. Di musim itu, Moukoko sukses catatkan 6 gol untuk tim U-19 Dortmund.

Kehebatan Moukoko menarik minat pelatih Dortmund untuk memasukkannya ke tim utama. Pada 8 Desember 2020, pemain kelahiran Kamerun tersebut mencatatkan debutnya bersama tim senior Dortmund. Ia turun sebagai pemain pengganti saat Dortmund berhadapan dengan Zenit St Petersburg di Liga Champions.

Sepanjang bergulirnya musim ini, Moukoko telah mendapat kesempatan tampil sebanyak 7 kali di semua kompetisi. Ia dipercaya turun sebagai starter dalam 2 pertandingan Bundesliga saat Dortmund berhadapan dengan Werder Bremen (15/12) dan Union Berlin (19/12).

Bintang Masa Depan

Dengan penampilan cemerlang yang ditunjukkan Moukoko, tak sedikit orang yang meyakini bahwa ia akan menjadi bintang masa depan Dortmund. Die Borussen dinilai beruntung karena tak harus mengeluarkan banyak dana demi membeli penyerang berkualitas sebab kini mereka telah memiliki Moukoko.

Namun, Moukoko diminta untuk tetap rendah hati. Di usianya yang masih muda, banyak hal yang mungkin terjadi dan mempengaruhi perkembangan karir profesionalnya. Ia diminta untuk tetap menjaga konsistensi performanya agar tetap berada di titik tertinggi.

Comments
Loading...
error: Content is protected !!