Meramal Masa Depan Diogo Jota Bersama Liverpool

0 33

Berita Sepakbola – Liverpool tak begitu aktif di bursa transfer musim panas kemarin. Mereka tercatat hanya mendatangkan 3 pemain baru dengan biaya yang cukup murah. Meski hanya tiga pemain, namun pembelian Liverpool tersebut bisa dibilang efektif.

Dari ketiga pemain anyar tersebut, Diogo Jota menjadi yang paling banyak menarik perhatian. Penyerang asal Portugal tersebut awalnya diproyeksikan sebagai pelapis Roberto Firmino, Sadio Mane atau Mohamed Salah. Namun, penampilan apiknya membuat Jurgen Klopp tak ragu memasangnya sebagai starter dalam beberapa pertandingan.

Tampil Apik

Jota diboyong Liverpool dari klub kuda hitam Premier League, Wolverhampton Wanderers, seharga 45 juta euro. Dengan harga yang relatif mahal, tak sedikit yang meragukan potensi pemain 23 tahun tersebut. Pasalnya, Jota dinilai tidak banyak memiliki pengalaman di level internasional baik bersama klub maupun Timnas.

Namun, pada akhirnya Jota membuktikan kelasnya. Ia menjalani debutnya bersama Liverpool saat The Reds menghancurkan Lincoln City 7-2 di ajang FA Cup, akhir September lalu. Dalam laga tersebut, Jota yang masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua mampu tampil apik walaupun tidak menciptakan gol atau assist.

Jota akhirnya benar-benar menunjukkan kualitas terbaiknya pada laga debutnya bersama Liverpool di Premier League. Jota yang turun di menit ke-80 menggantikan Sadio Mane berhasil memastikan kemenangan Liverpool atas Arsenal dengan golnya di menit ke-88.

Pada pertandingan melawan Sheffield United di pekan ke-6 Premier League, Jota mendapat kesempatan pertama sebagai starter. Menempati posisi sayap kanan bersanding dengan Roberto Firmino dan Sadio Mane, Jota mampu tampil apik. Ia kembali menjadi penentu kemenangan Liverpool setelah mencetak gol di menit ke-64.

Ancaman Bagi Firmino

Puncak performa Jota bersama Liverpool sejauh ini adalah saat ia tampil Liga Champions melawan Atalanta, Rabu dinihari (4/11) kemarin. Dalam laga tersebut, Jota diberi kepercayaan untuk mengisi pos sebagai penyerang tengah menggantikan peran Roberto Firmino.

Tak disangka, Jota tampil sangat memukau. Ia membuka keran gol The Reds di menit ke-16 setelah menerima umpan matang dari Trent Alexander-Arnold. Pada menit ke-33 Jota kembali mencetak gol, kali ini memanfaatkan umpan Joe Gomez. Pada menit ke-54, Jota mencetak hattrick yang mengakhiri pesta gol Liverpool ke gawang Atalanta.

Berkat kemenangan tersebut, Jota didapuk sebagai man of the match. Tak hanya itu, ia juga memantapkan posisi Liverpool sebagai pemuncak klasemen Grup D.

Penampilan cemerlang Jota pada laga tersebut langsung menarik banyak perhatian publik. Tak sedikit dari mereka yang meyakini bahwa potensi sang pemain akan terus berkembang dalam beberapa bulan kedepan. Bahkan, ada pula yang memprediksi bahwa Jota akan menjadi andalan baru Liverpool yang akan menggeser posisi Roberto Firmino.

Sejatinya, tak hanya Firmino yang posisinya terancam dengan kehadiran Jota. Pasalnya, Jota merupakan tipikal pemain multifungsi yang bisa beroperasi di segala posisi. Posisi aslinya adalah sebagai winger kiri. Terkadang ia juga mampu menjalankan tugas dengan baik saat bermain sebagai sayap kanan maupun penyerang tengah.

Pemain Underrated

Hingga kini, Jota telah mengoleksi 7 gol dari 10 pertandingan di seluruh kompetisi. Torehan tersebut bahkan lebih baik dibandingkan dengan Roberto Firmino atau Sadio Mane.

Aksi cemerlang Jota membuktikan bahwa ia merupakan salah satu pemain underrated atau pemain hebat yang seringkali diragukan. Padahal, potensi besar sang pemain telah terlihat sejak ia bermain untuk FC Porto. Bahkan, selama 3 musim membela Wolves, Jota menjadi salah satu kunci keberhasilan Si Serigala.

Jika mampu mempertahankan performa terbaiknya, bukan tidak mungkin Klopp akan memberinya garansi di tim inti. Jota diprediksi akan menjadi pembelian tersukses Liverpool musim ini.

Comments
Loading...
error: Content is protected !!