Mikel Arteta Masih Dipercaya Mampu Bawa Arsenal Bangkit

Sumber : static.independent.co.uk/2020/12/13/22
0 12

Berita Sepakbola – Penampilan Arsenal musim ini dinilai sangat jauh dari harapan. The Gunners yang selama ini dikenal sebagai salah satu bagian dari The Big Six Premier League, kini justru terpuruk di papan bawah klasemen. Mereka terbenam di peringkat ke-15 klasemen Premier League dengan koleksi 13 poin dari 11 laga.

Mikel Arteta dituding sebagai sosok yang paling bertanggung jawab atas keterpurukan Arsenal musim ini. Sebagai manajer, Arteta dituntut untuk segera memperbaiki prestasi The Gunners. Apabila gagal, para fans memintanya untuk angkat kaki dari Emirates Stadium.

Namun, para petinggi klub justru berpendapat sebaliknya. Jajaran manajemen Arsenal meminta Arteta untuk bertahan untuk sementara waktu. Mereka percaya bahwa pelatih asal Spanyol tersebut memiliki kekuatan spesial yang mampu mengangkat performa The Gunners ke arah yang lebih baik.

Sosok yang Kuat

Petinggi Arsenal, Vinai Venkatesham, benar-benar masih percaya dengan kualitas Arteta sebagai juru taktik The Gunners. Padahal, nama pelatih berusia 38 tahun tersebut tengah menjadi sorotan publik karena terpuruknya Arsenal di Premier League musim ini.

Dari 11 pertandingan yang telah dilakoni di ajang tersebut, Arteta hanya mampu membawa Meriam London menang sebanyak 4 kali. Sisanya, Arsenal harus menelan 6 kekalahan dan 1 hasil imbang. Bahkan, mereka sama sekali belum meraih kemenangan sejak awal November lalu.

Namun, hal itu tak dipandang sebagai catatan negatif di mata Venkatesham. Ia justru menilai bahwa Arteta telah membawa banyak perubahan positif untuk klubnya.

Menurut Venkatesham, Arteta memiliki segudang pengalaman berharga yang luar biasa di Premier League. Seperti yang diketahui, Arteta pernah bermain untuk Everton, Arsenal dan sempat menjabat sebagai asisten pelatih di Manchester City.

Pengalaman tersebut membuat Arteta paham betul seluk beluk permainan tim-tim Inggris. Ia juga dianggap mengetahui caranya bermain dengan sepenuh hati untuk klub.

Selain itu, Venkatesham juga menilai bahwa Arteta merupakan sosok yang memiliki kuat secara fisik dan mental. Dengan kekuatannya tersebut, Arteta membentuk jajaran pelatih yang kuat. Bahkan, menurut Venkatesham, Arteta mampu membangun tim yang jauh lebih kuat musim ini.

Oleh sebab itu, Venkatesham ingin Arteta tetap bertahan di Arsenal untuk beberapa waktu kedepan. Ia percaya bahwa Arteta mampu membawa The Gunners kembali bangkit sebagai klub raksasa Premier League.

Permintaan Fans

Para fans Arsenal tampaknya mulai geram dengan penampilan tim kebanggaannya yang tak kunjung membaik. Mereka terus menuntut manajemen klub untuk segera melakukan perbaikan. Salah satu tuntutan mereka adalah mendepak Arteta dari kursi kepelatihan Arsenal dalam waktu dekat.

Tuntutan para fans tersebut bukan tanpa alasan. Mereka menilai Arteta banyak melakukan kesalahan dalam menentukan pilihan dan mengambil keputusan selama menjabat sebagai pelatih atau manajer.

Sejumlah pemain yang ia datangkan dalam beberapa tahun terakhir gagal menunjukkan performa terbaiknya. Begitu pula dengan pemain-pemain lama yang perlahan kehilangan sentuhan terbaiknya di bawah komando Arteta.

Dan yang dinilai paling fatal adalah tidak mendaftarkan nama Mesut Ozil ke dalam skuad utama Arsenal musim ini. padahal peran Ozil di sektor tengah Arsenal sebelum era kepelatihan Arteta menjadi salah satu yang paling krusial.

Sejumlah nama pelatih baru kabarnya telah disiapkan untuk menjadi kandidat yang akan menggantikan Arteta sebagai pelatih Arsenal. Berdasarkan prediksi bursa taruhan Paddy Power, Massimiliano Allegri dinilai sebagai sosok yang tepat untuk menggantikan Arteta. Dalam prediksi tersebut, Allegri menjadi kandidat terkuat di atas Thomas Tuchel, Brendan Rodgers dan legenda Arsenal, Patrice Vieira.

Comments
Loading...
error: Content is protected !!