Pirlo: Waktu Eksperimen Sudah Usai

0 27

Berita Sepakbola – Setelah diresmikan menjadi pelatih utama Juventus, Andrea Pirlo diketahui kerap bongkar pasang formasi starting eleven pasukannya. Saat ini, dia nampak sudah menemukan formasi pakem yang diprediksi akan digunakan sepanjang musim perdananya kali kali ini.

Ide Baru

Awal musim 2020/2021 ini mungkin Pirlo merasa tidak begitu beruntung melihat ada beberapa pemainnya keluar masuk ruang perawatan karena cedera. Selain itu ada alasan lain yang membuat beberapa punggawa terpaksa diistirahatkan, entah itu karena kelelahan atau bahkan alasan Covid-19. Memang awal mulanya Pirlo memulai pembenahan skuad utamanya dari lini depan dan tengah. Tetapi kali ini berbeda, dimana dia mulai fokus untuk membenahi sektor bertahan.

Pirlo semakin kreatif dan akan memulai berkreasi di jantung pertahanan Juventus yang kini didominasi oleh duet bek veterannya Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini. Selama ini dua bek ini selalu menjadi aktor utama di lini bertahan. Yang berbeda kali ini adalah dimana Pirlo akan mecoba bereksperimen dengan memasangkan trio bek yang berbeda dari biasanya.

Sebagai contoh adalah ketika Pirlo menurunkan Danilo sebagai bek sayap yang diketahui sukses. Perannya menjadi sangat agresif dan sangat membantu jantung pertahanan Si Nyonya Tua.

Berhenti Bereksperimen

Meski hasilnya beragam, beberapa eksperimen yang sudah dilakukan pelatih 41 tahun ini ada beberapa yang menemui keberhasilan. Kini Pirlo mengungkapkan jika sudah waktunya untuk mengakhiri aksi utak-atik formasi ini.

Dikutip dari Football Italia, Pirlo berharap jika waktunya bereksperimen ini sudah berakhir. Memang ini adalah bagian dari masa transisi dari era Sarri ke dirinya, dan ini sudah waktunya untuk kerja. Selama ini Pirlo sudah melakukan beberapa komunikasi untuk merubah teknik dan juga teknis permainan, dan hasilnya cukup membuat Pirlo puas.

Lebih lanjut mantan pemain bintang Juventus ini mengungkapkan jika hasilnya saat ini tergantung pada pertandingan. Mungkin masih ada beberapa perubahan, namun Pirlo menegaskan jika para pemainnya harus melakukan penampilan energik dan meraih hasil terbaik. Targetnya saat ini adalah menyapu 10 kemenangan hingga Natal nanti, termasuk laga kontra Cagliari dini hari nanti.

Kondisi De Ligt dan Alex Sandro

Dalam kesempatan yang sama, Pirlo mengungkapkan kabar baik tentang dua pemainnya yang belum pernah ditampilkan musim ini. Mereka adalah Matthijs De Ligt dan Alex Sandro yang semula mengalami cedera kini sudah pulih dan siap dimainkan. Setelah menunggu respon dari orthopedist yang cukup lama, akhirnya hasilnya baik-baik saja dan mereka sudah boleh bermain kembali.

Jadwal terdekat dari Juventus pekan ini adalah menjamu Cagliari di Allianz Arena. Menurut sang pelatih, Cagliari merupakan tim tangguh yang memiliki banyak pemain berpengalaman. Akan tetapi Juventus juga memiliki pengalaman tersebut di semua lini. Pirlo akan fokus memenangkan laga kali ini, karena hasilnya akan sangat penting untuk evaluasi pekan selanjutnya. Para pemain juga harus menampilkan daya juang terbaiknya di laga ini.

Posisi Klasemen Terkini

Pekan terbaru Juventus sudah mengantongi 13 poin dari tujuh laga musim ini dan menduduki peringkat kelima. Perolehan poin ini sama persis dengan Atalanta di peringkat keenam. Sedangkan jarak Juventus dengan pemuncak sementara kali ini, AC Milan hanya terpaut empat poin. Skuad Rossoneri masih kokoh memimpin dengan 17 poin terkumpul.

Kompetisi masih berada di awal, dan kans untuk kembali merengkuh scudetto masih sangat besar. Kini tinggal bagaimana Pirlo mampu mengantarkan timnya untuk tampil selalu solid dan konsisten di setiap laga untuk kembali masuk ke level atas seperti musim lalu.

Comments
Loading...
error: Content is protected !!