Pujian Lionel Messi Untuk Jan Oblak Salah Satu Kiper Terbaik Dunia

Sumber : en.as.com
0 14

Berita Sepakbola – Penjaga gawang Atlético Madrid Jan Oblak bisa dibilang merupakan salah satu penjaga gawang terbaik dunia. Kiper asal Slovenia itu telah mengantongi hingga ratusan clean sheet bersama Los Colchoneros. Catatan impresifnya di bawah mistar pasukan Diego Simeone pun memancing pujian dari mega bintang Barcelona, Lionel Messi.

Kata Messi Soal Sosok Oblak

Jan Oblak bergabung dengan Atlético Madrid pada bulan Juli 2016 silam dengan biaya transfer sebesar 16 juta euro dari klub Portugal, Benfica. Sejak saat itu, ia menjadi bagian penting dalam perjalanan klub ibukota. Kiper 27 tahun tersebut bahkan telah catatkan sejumlah rekor di kompetisi kasta tertinggi Spanyol.

Pada bulan Juni kemarin, tepatnya dalam laga Osasuna vs Atlético Madrid, Oblak mencatatkan clean sheet ke-100 nya di ajang La Liga. Rekor itu ia catatkan dalam kurun waktu hanya 182 pertandingan. Oblak pun mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang Miguel Reina dengan catatan 100 clean sheet dalam 222 pertandingan.

Saat menghadapi Barcelona bulan lalu, Oblak berhasil menjaga gawangnya tetap tak kebobolan sedang Atlético Madrid berhasil sarangkan satu bola ke gawang Barca. Messi yang ikut tampil di laga itu juga tak bisa mencetak satupun gol ke gawang Oblak. Sekarang, mega bintang Argentina itu memuji penampilan kiper andalan Atlético tersebut.

Kepada Bud Football, Messi mengungkapkan bahwa berhadapan dengan Oblak adalah momen yang menyenangkan. Ia juga memuji Oblak dengan menyebutnya sebagai salah satu penjaga gawang terbaik di era sekarang. Pemain kelahiran Rosario itu mengaku senang bisa mendapat kesempatan bermain melawan salah satu kiper terbaik dunia tersebut.

Menurut Messi, berhadapan dengan kiper sekelas Oblak membuat dirinya semakin termotivasi untuk mencetak gol. Pasalnya dengan kualitas yang dimiliki kiper seperti Oblak, Messi tahu bahwa mencetak gol ke gawangnya tak akan mudah. Messi juga menuturkan bahwa berhadapan dengan kiper seperti Oblak juga membuat laga semakin menarik.

Statistik Jan Oblak Musim Ini

Musim 2020/2021 ini, Oblak kembali menunjukkan kualitasnya dengan tampil sembilan kali dari total 13 laga yang telah dilakoni Atlético di ajang La Liga. Oblak membantu timnya bersaing merebut gelar juara dari tangan juara bertahan sekaligus rival mereka, Real Madrid. Sekarang, Atlético bercokol di puncak klasemen dengan mengoleksi 32 poin.

Bukan cuma Atlético, Oblak sendiri juga berada di puncak klasemen penjaga gawang La Liga dalam hal kebobolan. Mengutip statistik dari laman Goal International, Oblak kini baru kebobolan lima kali sepanjang musim 2020/2021. Statistik ini membuatnya menjadi kiper dengan jumlah kebobolan paling sedikit di kasta tertinggi Negeri Matador.

Sepanjang musim ini, Oblak juga telah mencatatkan 39 penyelamatan, dan hanya ada tiga kiper yang punya catatan lebih banyak dari milik Oblak. Oblak memiliki rasio penyelamatan sebesar 88,1 persen. Rasio ini berada jauh di depan kiper Sevilla Yassine Bounou, kiper La Liga dengan kebobolan paling sedikit ke-2 yang punya rasio penyelamatan sebesar 80 persen.

Pujian Oblak Untuk Messi

Oblak sendiri sebelumnya pernah melontarkan pujiannya kepada Messi dengan menyebutnya sebagai pemain terbaik dunia. Setiap kali berlaga, Oblak menilai bahwa Messi bisa melihat segalanya. Ia mengatakan bahwa sangat sulit untuk menghentikan mega bintang Barcelona itu karena ia selalu mengawasi gerak-gerik lawannya.

Satu hal yang membuat Messi selalu sulit dihentikan, terutama bagi seorang kiper, menurut Oblak adalah tembakannya yang tak terduga. Oblak beranggapan bahwa Messi adalah tipe pemain yang sangat sulit ditebak arah tendangannya. Menurut Oblak, satu-satunya kunci seorang kiper menaklukkan Messi adalah memperhatikan bolanya, bukan Messinya.

Comments
Loading...
error: Content is protected !!