Stephanie Frappart Akan Jadi Wasit Wanita Pertama di Liga Champions

0 25

Berita Sepakbola – Juventus akan berusaha meraih poin sempurna dalam laga lanjutan matchday ke-5 Liga Champions, Kamis (3/12) dinihari. Laga ini tentunya akan jadi momen spesial bagi Si Nyonya Tua. Tapi pertandingan ini juga akan menjadi saat yang istimewa bagi wasit yang akan ditunjuk memimpin jalannya pertandingan, Stéphanie Frappart.

Pengalaman Pertama

Sepakbola yang merupakan olahraga paling populer di planet Bumi telah menjadi olahraga yang identik dengan kaum pria. Namun, dalam beberapa tahun ke belakang, olahraga ini juga mulai diminati oleh kaum hawa. Beberapa dari mereka bahkan terjun langsung untuk ikut ambil bagian dalam sebuah pertandingan sepakbola.

Salah satu wanita yang ikut terjun ke lapangan untuk ambil bagian dalam sebuah pertandingan sepakbola adalah Stéphanie Frappart. Wanita kelahiran Prancis berusia 36 tahun tersebut merupakan salah satu wasit di Prancis. Namanya kini telah terdaftar dalam daftar wasit internasional FIFA.

Sebagai wasit, Stéphanie Frappart juga tercatat pernah memimpin jalannya sejumlah pertandingan besar. Pada tahun 2019 lalu, ia memimpin jalannya laga UEFA Super Cup antara Liverpool menghadapi Chelsea. Frappart akhirnya mendapat rekor sebagai wasit wanita pertama yang memimpin jalannya pertandingan di kompetisi Eropa.

Di dunia sepakbola wanita, nama Frappart sudah lebih dulu dikenal karena dirinya sering memimpin laga-laga penting. Seperti pada tahun 2015 lalu ketika ia menjadi wasit dalam gelaran Piala Dunia Wanita di Kanada. Frappart juga ditunjuk sebagai wasit dalam final Piala Dunia tahun 2019 yang berlangsung di Prancis antara Amerika Serikat melawan Belanda.

Dalam pertandingan lanjutan matchday ke-5 fase grup G Liga Champions, Stéphanie Frappart mendapat kesempatan istimewa. Ia ditunjuk oleh UEFA untuk memimpin pertandingan yang berlangsung di Allianz Stadium tersebut. tercatat, ini akan menjadi kali pertamanya memimpin sebuah pertandingan Liga Champions.

Wasit berkebangsaan Prancis tersebut sebelumnya telah ditunjuk memimpin salah satu pertandingan UEFA Europa League antara Leicester City vs Zorya Luhansk. Tapi tengah pekan nanti, ia akan tampil perdana sebagai wasit Liga Champions. Frappart juga akan mencetak rekor sebagai wasit wanita pertama dalam turnamen ini.

Wasit-Wasit Wanita Sukses Lainnya

Dengan memimpin jalannya laga lanjutan Liga Champions, Stéphanie Frappart akan mengikuti jejak sejumlah wasit pendahulunya. Salah satunya adalah Bibiana Steinhaus yang menjadi wasit wanita pertama di kompetisi Bundesliga. Wasit asal Jerman memutuskan pensiun setelah memimpin laga Bayern vs Dortmund di ajang Piala Super Jerman.

Sebelum Bibiana Steinhaus, nama Amy Fearn telah lebih dulu dikenal sebagai wasit wanita. Pada tahun 2010 silam, wanita kelahiran Loughborough, Inggris menjadi wasit pertama yang memimpin pertandingan EFL Championship. Di tahun yang sama, ia juga menjadi wasit wanita pertama yang memimpin jalannya sebuah laga di liga profesional.

Selain dua nama tadi, ada juga beberapa wasit wanita lain yang kini telah dikenal luas. Salah satunya adalah wasit cantik Inggris, Sian Massey-Ellis. Massey-Ellis pertama kali menjadi wasit profesional pada tahun 2010 setelah menjadi asisten wasit sejak tahun 2009. Wasit 35 tahun itu telah memimpin beberapa pertandingan Premier League bahkan Europa League.

Si Nyonya Tua Incar Kemenangan

Tengah pekan nanti, Juventus sendiri akan berusaha mendapat poin sempurna melawan Dynamo Kyiv guna mengamankan puncak Grup G. Sejauh ini, Si Nyonya Tua telah kumpulkan sembilan poin, berjarak tiga angka dari Barcelona. Sementara itu, Dynamo Kyiv tengah mengincar kemenangan pertama setelah tak pernah menang di empat laga Grup G.

Comments
Loading...
error: Content is protected !!