Sukses Jalani Operasi, Ansu Fati Bisa Istirahat Selama Empat Bulan

0 28

Berita Sepakbola – Di balik karirnya yang kini tengah bersinar, Ansu Fati, akhirnya harus menerima kenyataan bahwa dirinya harus absen cukup lama. Ia mengalami cedera dalam laga melawan Real Betis, yang dimenangi Barcelona, 5-2, pada Sabtu (7/11) lalu. Pihak klub, baru-baru ini memberi pernyataan bahwa Fati terpaksa menepi selama empat bulan lamanya.

Pernyataan Resmi Barcelona

Musim ini di bawah asuhan Ronald Koeman, Barcelona sepertinya tengah mendapat berkah dari cemerlangnya penampilan pemain muda mereka, Ansu Fati. Di usianya yang masih begitu muda, Fati sudah tampil cemerlang. Ia bahkan disebut akan menjadi penerus generasi-generasi emas Barcelona di masa mendatang.

Akan tetapi, dalam laga Barcelona vs Real Betis yang berlangsung pada Sabtu (7/11) kemarin, petaka justru hadir bagi pemain berusia 18 tahun tersebut. Di pertengahan laga, Fati harus ditarik keluar akibat cedera yang ia alami. Senin (9/11) waktu setempat, pihak klub memberi pernyataan bahwa Fati telah menyelesaikan operasi.

Klub mengumumkan bahwa Fati harus naik ke meja operasi, akibat cedera meniskus di bagian lutut kirinya. Sekarang, Fati telah merampungkan proses operasi yang dilakukan oleh Dr. Ramon Cugat, dan tengah dalam masa pemulihan. Namun, pihak klub mengatakan bahwa masa pemulihannya tersebut akan berlangsung lama, yakni sekitar empat bulan.

Melalui laman resminya, Barcelona mengumumkan bahwa Fati telah menyelesaikan operasinya akibat cedera meniskus lutut kirinya bersama dengan Dr. Ramon Cugat. Operasi tersebut berada dalam pengawasan tim medis klub. Dan setelah operasi tersebut, Fati diperkirakan akan absen selama empat bulan.

Statistik Karir Ansu Fati

Ketika mendapatkan cedera tersebut, Fati merupakan top skorer ke-2 La Liga dengan mengoleksi total empat gol sepanjang musim ini. Saat itu, tak ada satupun rekan setimnya di Barcelona yang punya catatan lebih banyak. Bahkan, sang kapten, Lionel Messi saja hanya punya catatan tiga gol sepanjang musim ini.

Musim lalu, di bawah asuhan Ernesto Valverde, Fati diperkenalkan pada khalayak Camp Nou sebagai pemuda berusia 16 tahun yang langsung ‘meledak’. Memasuki musim 2020/2021, Fati mendapat peran yang lebih penting bagi skuad utama. Pelatih baru Barca, Ronald Koeman, kemudian memasukkannya dalam starting XI utamanya.

Dalam statistik, Fati yang belum genap berusia 20 tahun ini juga tampil begitu impresif dengan catatan total 28 kali dribble yang dilakukan. Sejauh ini, catatan tersebut hanya bisa dilampaui Messi dengan 48 dribble, menjadi yang terbanyak bagi Barca di musim ini. Messi juga ciptakan 13 peluang, terbanyak di antara para pemain lain.

Menurut statistik yang dihimpun dari laman web resmi Barcelona, Fati kini mencatatkan 43 laga secara keseluruhan, di usianya yang masih menginjak 18 tahun. Dalam 43 penampilan tersebut, Fati telah catatkan 13 gol atas namanya. Sebanyak 11 gol ia lesatkan di ajang La Liga, sementara sisanya ia bukukan di ajang Liga Champions.

Sukses Raih Sejumlah Rekor

Rekor demi rekor, juga telah ia torehkan bersama tim utama Barca, sejak melakoni debutnya pada musim 2019/2020 silam. Di laga debutnya, Fati mencetak rekor sebagai pemain termuda klub Catalan yang melakoni debut, yakni di usia 16 tahun 298 hari. Rekornya hanya kalah dari Vicente Martínez, dengan usia 16 tahun, 9 bulan, dan 7 hari ketika lakoni debut.

Berbagai kecemerlangan di level klub membuatnya kini dianugerahi kebangsaan Spanyol, dan diberi kesempatan untuk memperkuat timnas. Ia pernah menjadi pemain termuda yang tampil di Spanyol U-21 dan pemain termuda ke-2 di timnas senior. Namun, karena cederanya sekarang, Fati tak bisa tampil bersama Spanyol di beberapa laga mendatang.

Comments
Loading...
error: Content is protected !!