Tentang Donny van de Beek yang Selalu Nampak Ketakutan Ketika Dimainkan

Sumber : thesun.co.ukManchester-United-Training-Session_SPO_GYI1273351192jpg
0 9

Berita Sepakbola – Sebagai pemain baru, Donny Van de Beek masih harus berjuang ekstra untuk membuktikan jika dirinya layak mengenakan jersey Manchester United. Sejauh ini pemain yang kini berusia 23 tahun ini belum mampu tampil sesuai ekspektasi.

Belum Bisa Penuhi Ekspektasi

Donny Van de Beek merupakan pemain yang baru bergabung pada musim panas 2020 kemarin. Jangankan untuk bisa bermain sebagai starter sejak awal pertandingan, Van de Beek terkadang malah tampil mengecewakan meskipun menjadi pemain pengganti. Pemain asal Belanda ini seakan tidak bisa terhubung dengan rekan-rekannya di lapangan.

Penampilan terbarunya ketika Manchester United berhadapan dengan Leeds United pada Minggu (20/12/2020) kemarin. Dalam laga tersebut Van de Beek masuk di menit ke-71 untuk menggantikan Bruno Fernandes. Ketika itu pasukan Setan Merah sebagai tuan rumah sudah unggul 6:1 dari tim tamu dan seharusnya tidak ada tekanan.

Anehnya setelah Van de Beek masuk, penampilannya dibawah ekspektasi. Gelandang 23 tahun ini malah seakan ketakutan untuk mendapatkan bola dari rekannya. Hingga akhirnya tuan rumah mendapatkan tekanan dan tim lawan mampu menggandakan gol mereka dan laga berakhir dengan skor 6:2.

Takut Terlibat Permainan

Memang di laga kontra Leeds Minggu malam kemarin Van de beek masuk ketika timnya sudah dipastikan menang. Bahkan pemain 23 tahun ini tidak perlu membuat perbedaan yang besar. Hanya diperlukan untuk bermain aman dan rapi hingga laga usai. Namun melihat waktu tersisa cukup banyak, seharusnya pasukan Setan Merah masih bisa melancarkan serangan dan mengejar satu gol lagi.

Melihat situasi ini Van de Beek seakan-akan tidak memiliki minat untuk melancarkan sebuah serangan. Saat pemain bernomor punggung 34 ini masuk, tempo permainan Manchester United langsung menurun drastis. Operan bola selalu saja berhenti di kaki Van de Beek.

Sebagai salah satu gelandang di Manchester United, tidak bisa dipungkiri jika eks playmaker Ajax Amsterdam ini memiliki potensi. Dengan bakatnya Van de Beek pernah beberapa kali menampilkan permainan yang cukup apik, namun semuanya itu tidak cukup. Seharusnya di usianya yang masih muda, Van de beek bisa menghadirkan persaingan yang mampu membuat Paul Pogba dan Bruno Fernandes tidak bisa bersantai.

Namun selama beberapa bulan bermain bersama pasukan Setan Merah, gelandang muda ini masih tampak ketakutan ketika mendapatkan kesempatan bermain. Terkadang dia lebih sering memainkan operan-operan pendek kanan kiri atau ke belakang. Dia terlihat ketakutan kehilangan bola dan kurang berani menginisiasi serangan.

Bisa Semakin Tenggelam

Meski masih diluar ekspektasi, Donny Van de Beek tidak bisa disalahkan sepenuhnya. Anggap saja ini adalah proses adaptasi di musim perdananya bersama Manchester United dan juga di Liga Premier.

Memang Liga Premier Inggris terkenal memiliki kompetisi yang paling berbeda daripada liga lainnya, dan Van de Beek perlu adanya penyesuaian diri. Meski demikian sang playmaker harus terus memberikan respon untuk terus berkembang. Terlebih setelah trio Scott McTominay, Fred, dan Bruno Fernandes mampu tampil impresif seperti di laga kontra Leeds United kemarin.

Tidak hanya itu, Paul Pogba pun di laga terakhir pasukan Setan Merah juga tampil cukup baik meski belum dalam level terbaiknya. Ini artinya semua stok gelandang yang dimiliki Solskjaer kali ini sudah mulai menapaki performa terbaik mereka. Sedangkan disaat yang bersamaan, Van de Beek malah mengalami krisis percaya diri.

Harusnya pemain asal negeri Kincir Angin ini bisa segera berbenah dan menunjukkan daya saing untuk menjadi pilihan utama sang pelatih. Jika tidak dia akan lebih sering dibangkucadangkan dan lebih parahnya kebersamaannya dengan Manchester United akan berakhir lebih cepat.

Comments
Loading...
error: Content is protected !!