Terancam Hukuman Karena Kritik VAR, Ronald Koeman Tak Takut

0 38

Berita Sepakbola – Pelatih Barcelona, Ronald Koeman diketahui melontarkan kritikan kerasnya kepada VAR, setelah merasa dirugikan dalam laga El Clásico melawan Real Madrid, Sabtu (24/10) kemarin. Kini, federasi sepakbola Spanyol tengah melakukan investigasi terhadap dirinya. Tapi, pelatih asal Belanda menyebut bahwa dirinya tak takut atas hukuman yang menantinya tersebut.

RFEF Masih Lakukan Investigasi

Juru taktik Barcelona, Ronald Koeman, sepertinya tak bisa menyembunyikan kekecewaannya usai timnya tumbang dalam laga El Clásico kemarin. Dalam pertandingan tersebut, Koeman mempertanyakan keputusan wasit memberi hadiah penalti Madrid pada menit ke-63. Baginya, itu adalah keputusan yang tidak adil untuk skuad asuhannya.

Seusai pertandingan, Koeman langsung menemui wasit dan meminta penjelasan, mengapa VAR selalu kontra terhadap timnya. Menurut Koeman, ini bukan kali pertama terjadi, setelah sebelumnya timnya juga dirugikan VAR di laga kontra Getafe dan Sevilla. Keoman juga menyatakan bahwa Barca tak seharusnya menelan kekalahan di partai El Clásico tersebut.

Tak mau ketinggalan, Barcelona juga ikut merespons positif komentar Koeman, dengan menyebut bahwa VAR telah merugikan mereka. Barcelona ikut melontarkan kritik dengan mengatakan bahwa VAR tak sedikitpun membantu mereka. Tapi, pernyataan yang dilontarkan Koeman dan klub ini berpotensi akan berbuntut panjang bagi sang pelatih.

Sejak beberapa waktu lalu, media asal Belanda VI, telah menyebut bahwa pihak federasi sepakbola Spanyol kini tengah melakukan investigasi. Mereka tengah menyelidiki, apakah Koeman telah melanggar kode etik La Liga atau tidak. Jika terbukti melanggar, maka hukuman akan siap dijatuhkan untuk juru taktik Belanda tersebut.

Menurut sumber yang sama, hukuman yang akan dijatuhkan kepada mantan bek Barcelona ini juga tak main-main. Koeman terancam akan dilarang mendampingi klub dalam empat hingga 12 laga ke depan. Jika hal itu benar-benar terjadi, maka itu jelas akan menjadi pukulan yang cukup telak untuk Barcelona.

Tak Takut Hadapi Hukuman

Perihal komentar yang telah ia sampaikan bulan lalu, Koeman sendiri mengatakan bahwa ia paham betul mengenai apa yang ia katakan. Koeman tak menyangkal kata-katanya tersebut dan bahkan tak takut menghadapi hukuman yang sudah menantinya. Pria 57 tahun tersebut yakin betul bahwa ucapannya benar dan kini tengah menanti keputusan dari RFEF.

Berbicara dalam sesi konferensi pers jelang laga Barcelona vs Dynamo Kyiv, Koeman mengatakan, “Saya tak takut mengenai kemungkinan hukuman yang dapat menimpa saya. Tentu, saya tahu mengenai apa yang saya katakan, tapi saya tak takut. Kita masih harus menunggu dan melihat hasilnya (investigasi RFEF).”

Performa Barcelona Masih Minor

Bagaimanapun, kehilangan sosok pelatih yang biasanya mendampingi, jelas akan menjadi pemandangan kurang mengenakkan bagi Barca. Jika Koeman menerima hukuman maksimal, itu juga akan buruk bagi perkembangan klub Catalan. Pasalnya saat ini Koeman masih dipercaya membenahi Barca, dan sejauh ini strateginya belum sepenuhnya berhasil.

Barcelona sendiri baru saja melanjutkan catatan impresif, lewat kemenangan 2-1 menghadapi Dynamo Kyiv di ajang Liga Champions. Kemenangan ini berhasil membuat Barca tak terkalahkan dalam tiga pertandingan terakhirnya di semua kompetisi. Tetapi di La Liga, performa juara musim 2018/2019 ini terbilang masih di bawah standar.

Di La Liga, klub yang bermarkas di Camp Nou tersebut hanya berhasil meraih dua kemenangan dalam enam laga yang telah dimainkan. Mereka kini hanya bisa kumpulkan delapan angka dan belum pernah menang dalam empat pertandingan terakhir. Mereka kini berada di posisi ke-12 klasemen sementara, dengan selisih sembilan poin dari puncak klasemen.

Comments
Loading...
error: Content is protected !!