Tidak Dihentikan, EPL Tetap Lanjut Tanpa Suporter

Sumber : talksport.com/wp-content/uploads/sites/5/2020/06
0 13

Berita Sepakbola – Rumor ditundanya Liga Premier Inggris untuk dua pekan kedepan sempat menjadi bahan perbincangan banyak kalangan beberapa pekan terakhir ini. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya kasus positif Covid-19 yang banyak terjadi di kalangan para pesepakbola.

Tunda Sejumlah Laga

Pada hari Rabu (30/12/2020) kemarin laga lanjutan Liga Premier Inggris yang menyuguhkan laga antara Manchester City kontra Everton akhirnya ditunda. Laga yang sejatinya akan berlangsung di Stadion Goodison Park ini terpaksa gagal terlaksana setelah beberapa pemain The Citizens dikabarkan positif Covid-19. Laga ini dibatalkan empat jam sebelum kick off atas permintaan pihak Manchester City setelah Kyle Walker dan Gabriel Jesus dinyatakan positif Covid-19.

Kejadian serupa juga terjadi di hari Kamis (31/12/2020) dini hari tadi dimana pihak Liga Premier juga menunda laga antara Tottenham Hotspur kontra Fulham. Laga ini juga dibatalkan empat jam sebelum kick off lantaran tim tamu mengkonfirmasikan peningkatan Covid-19. Laga ini menjadi laga ketiga yang sudah ditunda selain Aston Villa kontra Newcastle United.

Permasalahan ini disikapi dengan sangat serius oleh pihak penyelenggara liga. Bahkan permasalahan ini menimbulkan isu jika kompetisi akan ditunda total selama dua pekan kedepan. Dari sejumlah pihak, ada dua pelatih klub di Premier League yang cukup vokal menyuarakan penundaan ini. Mereka adalah Nuno Espirito Santo dan juga Sam Allardyce .

Tidak Akan Ditunda

Namun dengan situasi yang ada, pihak penyelenggara sudah memutuskan untuk tidak lagi menunda laga yang sudah dijadwalkan sebelumnya. Dalam pernyataan resminya, pihak terkait bahkan tidak menyebutkan opsi menunda laga di balik layar. Dalam pernyataannya di situs resmi Liga Premier, pihak penyelenggara menyebutkan jika mereka tidak membahas penghentian kompetisi sementara dan tidak ada rencana untuk itu.

Keputusan ini cukup beralasan dimana jadwal yang sudah ada saat ini sudah sangat padat. Jadi sudah nyaris tidak ada waktu lagi untuk menggelar laga tunda jika kompetisi benar-benar ditunda selama dua pekan.

Yakin Dengan Protokol Kesehatan

Pihak penyelenggara Premier League yakin masih bisa menjalankan pertandingan dengan protokol kesehatan yang sudah berlaku saat ini. Bahkan mereka juga sudah mendapatkan dukungan dari otoritas setempat, dalam hal ini Pemerintah Inggris untuk tetap melanjutkan kompetisi.

Dalam pernyataannya, pihak penyelenggara memastikan jika tetap yakin dengan protokol kesehatan yang sudah berlaku, laga yang sudah dijadwalkan sebelumnya akan tetap bisa berjalan. Langkah ini diambil setelah pihak pemerintah juga memberikan dukungan penuh atas terselenggaranya event ini.

Protokol kesehatan yang dimaksud adalah dengan tetap menomorsatukan kesehatan para pemain dan staff. Disisi lain pihak penyelenggara liga juga akan mendukung penuh penerapan protokol kesehatan yang diberlakukan pada setiap klub dengan aturannya masing-masing.

Hanya saja menurut laporan dari Independent, semua laga Liga Premier yang akan datang akan kembali digelar tanpa hadirnya penonton. Memang untuk saat ini sudah ada beberapa klub yang diperbolehkan menghadirkan penonton dengan aturan social distancing. Namun dengan kejadian ini nampaknya laga tanpa penonton akan kembali diberlakukan seperti akhir musim lalu. Hal ini dilakukan untuk menekan angka penularan semakin tinggi dari virus corona ini.

Kini pihak penyelenggara tengah menggodok ulang jadwal dari tiga laga yang sempat tertunda. Dewan Liga Premier dikabarkan tengah berkonsultasi dengan penasehat medisnya dan di akhir perundingan ini nantinya akan diambil keputusan untuk menunda laga atas tindakan pencegahan.

Kesehatan para pemain dan staff akan tetap menjadi prioritas utama, dan saat ini semuanya tengah dikaji ulang untuk dikabarkan di kemudian hari soal jadwal baru dari tiga laga yang sempat tertunda.

Comments
Loading...
error: Content is protected !!