Tutup Tahun dengan 99 Gol, Catatan Terburuk Barcelona Sejak 16 Tahun Lalu

Sumber : static.india.com/wp-content/uploads/2020/08/Lionel-Messi
0 10

Berita Sepakbola – Barcelona di tahun 2020 kali ini hanya mampu menutup tahun dengan koleksi sebanyak 99 gol dari kompetisi La Liga. Meski cukup banyak, namun catatan ini bisa dibilang menjadi yang paling buruk bahkan terendah sejak tahun 2004 silam. Penurunan performa sang mega bintang, Lionel Messi juga menjadi faktor penyebab catatan buruk tersebut.

Hasil Buruk

Melihat kebelakang Barcelona tercatat mengulang masa kelamnya sebagai salah satu klub terbaik di kompetisi La Liga. Kala itu di tahun 2004, Barcelona sebagai salah satu klub terkuat di sepak bola Spanyol hanya mampu mengoleksi 91 gol.
Pasukan Blaugrana saat itu diasuh oleh Frank Rijkaard dengan pemain bintangnya adalah Ronaldinho. Sedangkan tahun tersebut Lionel Messi baru memulai debutnya sebagai pemain profesional setelah lulus dan dipromosikan dari akademi La Masia.

Pada tahun 2004 silam kondisi Barcelona memiliki banyak kemiripan dengan tahun 2020 ini. Dimana saat itu mereka memulai musim kompetisi tanpa satupun trofi meski juga berhasil lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Sama dengan musim ini dimana Barcelona mengakhiri musim 2019/2020 tanpa satupun gelar, memasuki kompetisi musim baru dan juga berhasil lolos ke fase 16 besar Liga Champions musim ini.

Meski demikian kemiripan ini sangat disayangkan karena dipastikan sebagai hal yang buruk. Mereka tidak mengulang kesuksesan tetapi mengulang masa kelam. Untuk itu Barcelona harus terus berupaya terus berkembang agar tidak tenggelam di permasalahan yang sama.

Sama-sama Buruk

Kedua era yang sudah berlalu ini sama-sama menjadi standar yang buruk bagi klub sekelas Barcelona. Menoleh kebelakang pada tahun 2014 silam, Barcelona sempat hanya mengantongi lima kemenangan saja di paruh pertama musim baru dari 15 laga yang sudah tersaji.

Sedangkan di tahun 2020 ini skuad Blaugrana dibawah asuhan Ronald Koeman hanya memetik tujuh kemenangan dari 15 laga pula di awal musim. Pada intinya musim ini Barcelona memiliki hambatan utama dalam mencetak gol.

Tahun ini Barcelona kesulitan untuk mengumpulkan pundi-pundi golnya. Bahkan dalam kurun waktu satu tahun para punggawa Barcelona hanya mampu menciptakan total 99 gol. Meski banyak, namun jumlah ini termasuk catatan yang buruk dalam sejarah tim asal Catalan ini. Jika dibandingkan dengan torehan gol di tahun 2015 lalu, catatan mereka mencapai 180 gol sepanjang tahun. Tahun 2020 ini merosot jauh menjadi hanya sebanyak 99 gol.

Messi Ikut Menurun

Selain torehan gol dari tim ikut menurun, catatan gol pribadi dari Lionel Messi juga kompak mengalami penurunan. Di tahun 2020 ini saja mega bintang asal Argentina ini yang notabene menjadi mesin gol utama skuad Blaugrana juga hanya mampu mengemas 26 gol. Catatan ini juga termasuk memburuk jika dibandingkan di tahun 2016 dimana sang pemain menghasilkan 51 gol.

Untungnya jika dilihat secara keseluruhan kontribusi dari Messi dalam hal mencetak gol dan assist masih terbilang cukup tinggi. Pemain 33 tahun ini menyumbangkan sebanyak 25 assist sepanjang tahun 2020 ini dan jumlahnya sama banyak dengan yang dia torehkan di tahun 2015 lalu.

Ini artinya Lionel Messi sudah ikut berkontribusi pada total 52 gol yang terjadi untuk Barcelona sepanjang tahun ini. Total ini bahkan melebihi separuh dari total 99 gol yang dihasilkan oleh runner up La Liga musim 2019/2020 lalu ini.
Meski Barcelona saat ini tengah melakukan revolusi besar-besaran, namun kontribusi dari pemain seperti Lionel Messi masih sangat dibutuhkan untuk tim. Bahkan musim ini kehadiran pemain asal Argentina ini juga masih cukup sentral untuk membawa timnya tampil gemilang.

Comments
Loading...
error: Content is protected !!