Ungguli Messi, Cristiano Ronaldo Sabet Golden Foot 2020

0 26

Berita Sepakbola – Pemain bintang milik raksasa Serie A Juventus, Cristiano Ronaldo baru saja menambah koleksi gelar individunya setelah dianugerahi penghargaan Golden Foot 2020. Pemain asal Portugal ini mengalahkan rekan satu timnya dan juga sang rival abadi, Lionel Messi.

Unggul Dari Nominasi Lainnya

Penghargaan Golden Foot ini merupakan gelar penghargaan tahunan secara individual yang mulai diadakan sejak tahun 2003 silam. Penghargaan ini mulanya diprakarsai oleh pangeran Albert II dari Monaco. Selain itu penghargaan ini bisa didapatkan satu kali saja sepanjang karirnya, dan pemenang pertamanya adalah salah satu legenda sepakbola Italia, Roberto Baggio.

Sedangkan Ronaldo menjadi pemenang ke-18 dari penghargaan ini. Pemenang dari penghargaan ini nantinya akan meninggalkan cetakan permanen jejak kaki pada “The Champions Promenade”, di pinggir laut Kepangeranan Monako.

Setiap tahunnya akan ada sebanyak 10 nominasi nama pemain sepak bola yang masuk dengan kriteria pemain usia 28 tahun atau bahkan lebih. Untuk pemenang dari penghargaan ini ditentukan melalui pemungutan suara secara online dan juga terbuka untuk umum.

Pemain aktif yang pernah menyabet penghargaan ini adalah Zlatan Ibrahimovic di tahun 2012. Lalu ada Andres Iniesta di tahun 2014, Gianluigi Buffon di tahun 2016, Edinson Cavani di tahun 2018, serta edisi yang terhangat  adalah Luka Modric di tahun 2019 kemarin.

Dari sejumlah nominasi, Ronaldo berhasil unggul dari rekan satu timnya, Giorgio Chiellini. Selain itu ada juga nominasi lainnya seperti Lionel Messi, Arturo Vidal, Neymar, Sergio Aguero, Mohamed Salah, Gerard Pique, Robert Lewandowski, serta Sergio Ramos,.

Kalahkan Lionel Messi

Hasil pemungutan suara ini baru diketahui pada hari Rabu (2/12/2020) dini hari tadi. Dari hasil pengumpulan suara ini, Cristiano Ronaldo meraih total suara paling banyak dibandingkan dengan nominasi lainnya, termasuk sang rival Lionel Messi.

Bomber 35 tahun ini memang pantas mendapatkan penghargaan individual bergengsi ini. Terlebih lagi karirnya bersama La Vecchia Signora bisa dibilang cukup mulus. Bahkan di akhir musim 2019/2020 kekasih dari Georgina Rodriguez ini mampu membawa Juventus menjuarai Serie A.

Sepanjang tahun 2020 ini, Ronaldo juga sudah mengantongi total 37 gol dari 38 laga di semua kompetisi. Catatan ini masih akan bertambah mengingat kapten termuda Timnas Portugal ini masih akan melakukan pertandingan hingga akhir Desember 2020 ini.

Dobel Gelar

Selain Cristiano Ronaldo, Andrea Agnelli selaku Presiden Juventus ternyata juga menyabet penghargaan yang tidak kalah bergengsi. Di hari yang sama, orang nomor satu di jajaran manajemen La Vecchia Signora ini mendapatkan penghargaan Golden Foot Prestige.

Berbeda dengan penghargaan yang diterima Ronaldo, Golden Foot Prestige ini baru diadakan tahun ini. Sehingga Andrea Agnelli menjadi orang pertama yang berhasil mendapatkan penghargaan bergengsi ini.

Andrea Agnelli sendiri dianggap menjadi motor utama kebangkitan Juventus dan memiliki peran kunci. Jika bukan karena dirinya yang duduk di kursi kepresidenan klub, bisa jadi Bianconeri masih berada di masa-masa kelam yang lebih panjang. Seperti diketahui sebelumnya Juventus sempat tersangkut skandal pengaturan skor hingga turun ke Serie B. Namun tidak butuh waktu lama mereka mampu bangkit dan kini kembali berjaya.

Di musim 2020/2021 ini Juventus masih berjuang untuk kembali merengkuh gelar Scudetto dengan bertahan di peringkat keempat dengan 17 poin. Mereka saat ini masih mengejar ketertinggalan enam poin dari AC Milan yang kokoh di puncak klasemen musim ini. Dengan adanya Ronaldo, Juventus berharap masih bisa mendominasi liga kasta tertinggi di Italia ini.

Comments
Loading...
error: Content is protected !!